23 C
Makassar
Minggu, April 11, 2021
BerandaEdukasiPantau Ujian di Bulukumba-Bantaeng, Kadisdik Sulsel Minta Setiap Sekolah Ada Musholla

Pantau Ujian di Bulukumba-Bantaeng, Kadisdik Sulsel Minta Setiap Sekolah Ada Musholla

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulsel, Prof Dr Muhammad Jufri, M.Si, M.Psi, Psikolog memantau pelaksanaan ujian sekolah dan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) di beberapa SMA dan SMK di Wilayah Bulukumba dan Bantaeng, Senin (5/4) kemarin.

Ikut mendampingi Kadisdik Sulsel, Kepala Bidang Pembinaan SMA Dr Idrus Said, S.Pd, M.Pd dan Kepala Subag Umum, Kepegawaian dan Hukum Firdausi Topuriti, SE, MM, serta beberapa staf Disdik Sulsel.

Di Bulukumba, Prof Jufri memantau pelaksanaan Ujian Akhir di beberapa sekolah termasuk di SMAN 1 Bulukumba. Sementara di Bantaeng, mantan Dekan Psikolog UNM ini, memantau di SMAN 4 dan pelaksanaan UKK di SMKN 1 Bantaeng.

Selain memantau ujian di SMAN 4 Bantaeng, Kadisdik Sulsel yang berdarah Selayar ini, juga melakukan pertemuan dan silaturrahim dengan Jajaran Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Bantaeng – Bulukumba yang saat ini dikomandoi Haris, S.Kom, MM, sebagai Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V.

Pertemuan yang digelar di Kasebo Baca SMAN 4 Bantaeng juga dihadiri Kepala Seksi Pembinaan SMA, Bahar, SS, MM, Kepala Seksi Pembinaan SMK dan PKLK, Abdul Sattar, S.Pi, MM, Pengawas Satuan Pendidikan, dan beberapa Kepala UPT SMA, dan SMK se-Wilayah Bantaeng.

Di hadapan para pengawas dan Kepala UPT Satdik, Kadisdik Sulsel menyampaikan apresiasinya atas kerja-kerja yang telah dilakukan Kacabdisdik Wilayah V Bantaeng – Bulukumba bersama jajarannya.

Kerja-kerja yang dimaksud Prof Jufri adalah Kacabdisdik Wilayah V bersama jajarannya telah membangun sinergitas dan komunikasi yang baik dengan pemerintah kabupaten, dalam hal pengelolaan jenjang pendidikan SMA, SMK, dan SLB.

Termasuk pada pelaksanaan ujian sekolah dan ujian kompetensi keahlian (UKK) bagi siswa kelas XII SMA dan SMK secara tatap muka, telah berkoordinasi dengan pihak terkait di antaranya Satgas Gugus Covid-19, Kapokres, Dandim, dan pihak terkait lainnya.

Menurut Kadisdik Sulsel, walaupun pengelolaan SMA, SMK, SLB adalah kewenangan pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota tetap harus punya peran karena pengelolaan pendidikan itu tanggungjawab bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Guru, pegawai, dan seluruh siswa yang sekolah di SMA, SMK, dan SLB adalah warga kabupaten/kota. Olehnya itu, sinergitas dan komunikasi yang baik harus tetap terjaga dan terjalin baik dengan pihak pemerintah setempat dalam hal pengelolaan SMA, SMK, dan SLB,” harapnya.

Kepada seluruh Jajaran Cabdisdik Wilayah V termasuk para kepala UPT satuan pendidikan (SMA, SMK dan SLB), Prof Jufri juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kelancaran pelaksanaan ujian sekolah SMA dan SMK di Bulukumba dan Bantaeng.

Demikian juga dengan pelaksanaan ujian kompetensi keahlian (UKK) bagi siswa kelas XII SMK dengan tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat. Mudah-mudahan sampai di akhir pelaksanaan nantinya dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa hambatan.

Pada kesempatan yang sama, Kadisdik Sulsel berharap nantinya setiap sekolah ada musholla untuk tempat sholat berjamaah untuk warga sekolah terutama siswa-siswi kita.

“Kalau tidak ada lahan sekolah untuk membangun musholla, sebaiknya ada ruangan khsusus yang disiapkan dalam lingkup sekolah untuk dijadikan musholla untuk shalat berjamaah,” harapnya. (rls)

- Advertisment -

Headline