Parepare Raih Predikat Daerah Tertib Ukur

Parepare Raih Predikat Daerah Tertib Ukur

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Kota Parepare meraih predikat sebagai Daerah Tertib Ukur (DTU) 2017, yang diberikan oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Selain Parepare, lima daerah lainnya yang menerima Kabupaten Kolaka, Kota Denpasar, Kota Padang Panjang, Kota Tangerang, dan Kabupaten Deli Serdang.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setdako Parepare, Amarun Agung Hamka mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bentuk komitmen Wali Kota Parepare Taufan Pawe, dalam memajukan sektor perdagangan, dengan kerjasama dan sinerjitas stakeholder yang ada di Kota kelahiran BJ. Habibie tersebut.

Dia menjelaskan, predikat DTU merupakan kepercayaan dan penilaian dari pemerintah pusat yang diberikan dengan berbagai macam indikator. Misalnya, kata dia, jumlah pedagang yang memiliki timbangan, data pelanggan listrik, air dan beberapa indikator lainnya.

“Penghargaan ini raih juga berkat para pedagang di Parepare, yang telah memberikan apa yang menjadi hak pembeli, dalam menggunakan alat ukur yang jujur. Selama ini, Pemkot juga telah membimbing kehidupan perdagangan, dan pasar yang jujur. Karena, kesahihan transaksi perdagangan merupakan bentuk perlindungan konsumen,” katanya, Selasa (05/12/2017).

Sementara, Kepala Perdagangan Parepare, Amir Sabbi mengatakan, penetapan Parepare sebagai DTU mengacu pada alat instansi yang menggunakan alat timbang. Sehingga, kata dia, semua instansi maupun penjual yang menggunakan alat timbang sudah tertib ukur.

“Jadi, untuk menentukan timbangan, kami turun langsung mengecek dan memeriksa alat timbang yang digunakan para pedagang, dan kami tandai dengan stempel. Jadi, jika masyarakat ingin membeli barang namun ragu, maka periksa stempelnya pada timbangan. Jika sudah ada, berarti timbangannya normal,”paparnya.

BACA JUGA :  Wali Kota Parepare Janji ITH Segera Beroperasi