32 C
Makassar
Jumat, Mei 20, 2022
BerandaNasionalPascaerupsi Gunung Soputan, BNPB Rilis Foto dan Video Hoaks Yang Beredar

Pascaerupsi Gunung Soputan, BNPB Rilis Foto dan Video Hoaks Yang Beredar

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Gunung Soputan di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara meletus pagi tadi. Tinggi kolom abu vulkanik disemburkan ke puncak kawah sekitar 5 Km.

Namun, eruspi yang dalam satatus level III (Siaga), tiba-tiba sebuah video dan juga beberapa foto erupsi dengan kejadian yang lebih dahsyat beredar di sosial media, sehingga sebagian besar mengira sebagai letusan yang disinyalir Gunung Soputan.

Menerima hal tersebut, Kepala Pusat data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui akun tweetternya mengimbau pada warga agar tidak percaya dengan isu tersebut.

“Video ini bukan erupsi soputan. Ini Erupsi Gunung di Amerika Selatan. Jika dikatakan Gunung Soputan, itu hoaks. Abaikan dan jangan ikut menyebarkan di sosial media,” tulisnya disertai video yang dimaksud.

Dalam video tersebut, memperlihatkan abu vulkanik yang sangat tinggi dan nyaris menutupi wilayah tersebut.

Sementara itu, terkait Gunung Soputan, terjadi erupsi sekitar 5 Km.

“Kolom abu dengan tekanan kuat teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut,” ujar Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Rabu (3/10/2018), dilansir dari detik.com.

Gunung Soputan saat ini berada pada Status Level III (siaga) dengan rekomendasi masyarakat tidak beraktivitas di seluruh area di dalam radius 4 km dari puncak gunung.

Masyarakat juga diminta tidak beraktivitas di dalam area perluasan sektoral ke arah Barat-Baratdaya sejauh 6,5 km dari puncak yang merupakan daerah bukaan kawah untuk menghindari potensi ancaman guguran lava maupun awan panas.

Penulis: Rahmi Djafar

 

BACA JUGA :  Pascaletusan Gunung Gamalama, BNPB Imbau Warga Tetap Tenang
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3