24 C
Makassar
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaMetropolisPembahasan Wagub Sulsel Dinilai Masih Terlalu Dini

Pembahasan Wagub Sulsel Dinilai Masih Terlalu Dini

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Wacana mengenai calon Wakil Gubernur Sulsel yang akan mendampingi Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman dianggap masih terlalu dini untuk dibahas.

Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI) Suwadi Idris Amir mengatakan, pembahasan demikian seharusnya menunggu hingga Andi Sudirman Sulaiman defenitif menjabat sebagai Gubernur Sulsel.

Munculnya wacana yang mendorong mantan Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka menjadi wakil gubernur pun dianggap Suwadi, sah-sah saja.

“Namun ke depan, jika saatnya tiba, memang sosok Andi Sumagarukka adalah figur yang seksi dan cukup rasional untuk posisi Wagub Sulsel. Sebab selama ini sosok Andi Sumangarukka dikenal figur yang terbuka dan plural, artinya karakternya cocok dan pas mengisi kekurangan Plt Gubernur Andi Sudirman yang dikenal agamalis dan berjiwa entrepreneur,” kata Suwadi, Selasa (6/4/2021).

Alasan kedua, karena dari kajian geopolitik duet Andi Sudirman Sulaiman dan Andi Sumangerukka sangat rasional.

Andi Sudirman berasal dari Bone dan Bantaeng. Ia juga memiliki darah Gowa sebab merupakan cicit I Mariama Karaeng Pattukangan (Putri Raja Gowa Ke 19 Sultan Abdul Jalil yang juga raja Sanrobone ke 9). Selain itu, Andi Sudirman rupanya juga merupakan cicit Syekh Yusuf Al Makassari.

“Artinya selain Bone, ASS juga mewakili Gowa dan Takalar, sangat pas secara geopolitik jika bersama Andi Sumangerukka yang berdarah Wajo, Bone dan Bulukumba,” tutur Suwadi.

Meski begitu, beberapa nama lain juga perlu dipertimbangkan, seperti: Ashabul Kahfi (Politisi PAN), Yusuf Sommeng (mantan Birokrat), Tanribali Lamo (TNI & birokrat) serta kader dari PDIP.

“Namun sekali lagi saya sarankan sebaiknya wacana pendamping Andi Sudirman dibahas saat ada ketetapan pasti terkait Kasus OTT NA selaku Gubernur Non Aktif. Artinya masih terlalu dini dibahas dan sebaiknya publik perlu bersabar,” paparnya.

Sependapat, Direktur ALTA Nusantara, Muh. Rhesa, juga menilai Andi Sumagarukka cocok mendampingi Andi Sudirman ke depan. Ia juga menyebut beberapa nama lain yang dianggap cocok menduduki jabatan sebagai Wagub Sulsel.

“Adnan Purichita (Bupati Gowa), Iksan Iskandar (Bupati Jeneponto), dan Hatta Rahman (mantan Bupati Maros) juga merupakan figur alternatif yang bisa mendampingi Andi Sudirman Sulaiman,” papar Rhesa.

spot_img

Headline

Populer