31 C
Makassar
Jumat, Maret 24, 2023
BerandaDaerahPemkab Bone Raih Penghargaan Universal Health Coverage

Pemkab Bone Raih Penghargaan Universal Health Coverage

PenulisYusnadi
- Advertisement -

BONE,SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Kabupaten Bone meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) atas dukungan pada Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang merupakan program strategis Nasional.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin dan memberikan penghargaan kepada kepada 22 Provinsi, 334 Kabupaten/Kota yang digelar di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa, (14/3/2023).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Bone DR. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si yang diserahkan oleh Menteri dalam Negeri RI Prof. Drs. H. Tito Karnavian, M.A, Ph.D.

BACA JUGA :  Nurdin Abdullah Lantik Empat Kepala Daerah

Bupati Bone Dr. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi menyampaikan rasa syukurnya karena di tahun ini, Pemerintah Kabupaten Bone telah berhasil meraih predikat Universal Health Coverage (UHC) dimana 98,37% atau 800.506 jiwa dari 813.771 jiwa penduduk Kabupaten Bone telah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Capaian ini melebihi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2024.

BACA JUGA :  Pemkab Bone Apresiasi Polisi Tindaki Peredaran Narkoba

“Kita patut bersyukur bahwa pada tahun 2023 ini Pemerintah Kabupaten Bone bekerjasama dengan BPJS Kesehatan telah menjadikan Kabupaten Bone berstatus Universal Health Coverage (UHC) dengan cakupan 98,37% dari total penduduk kabupaten Bone,” ucapnya dalam keterangannya kepada sulselekspres.com.

Menurut, Bupati Bone dua periode ini menambahkan Pemkab Bone sudah mendaftarkan 237.381 jiwa ke dalam program JKN dan membayarkan iurannya.

“Angka tersebut merupakan jumlah penduduk terbesar se-Provinsi Sulawesi Selatan yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah ke dalam Program JKN,” tambahnya.

Lebih lanjut, dikatakan, A Fahsar bahwa Pemerintah Bone telah mengalokasikan dana APBD sebesar lebih dari Rp 115 miliar untuk membiayai Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Hal ini merupakan bukti wujud komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Bone dalam memberikan kepastian jaminan kesehatan kepada seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Bone,” bebernya.

spot_img

Headline

Populer