29 C
Makassar
Thursday, June 13, 2024
HomeDaerahPemkab Gowa Libatkan Anak Dalam Perencanaan Pembangunan 2024

Pemkab Gowa Libatkan Anak Dalam Perencanaan Pembangunan 2024

- Advertisement -

GOWA, SULSELEKSPRES.COM – Pemenuhan kebutuhan dan hak anak menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kabupaten Gowa dalam melakukan perencanaan pembangunan.

Salah satu cara yang dilakukan yakni melibatkan seluruh anak melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Anak untuk menyampaiakn masukan atau aspirasinya, agar nantinya dimasukkan dalam program pemerintah di tahun 2024 mendatang.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik harus dimulai secara bertahap. Sebagai langkah awal yakni memenuhi hak anak dengan melibatkan dalam penyusunan perencanaan pembangunan.

“Dalam membangun SDM yang bagus, salah satunya memenuhi hak-hak yang mereka inginkan. Musrenbang anak ini tentunya melibatkan adik-adik untuk merencanakan pembangunan seperti apa yang harus kita lakukan di tahun depan sehingga secara bertahap kita bisa memenuhi hak-haknya,” ungkapnya saat membuka Musrenbang Anak yang mengangkat tema “Anak Sehat dan Cerdas, Generasi Unggul” yang berlangsung di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa, Rabu (8/3/2023).

Adnan mengaku, dalam melakukan perencanaan pembangunan, pihaknya melibatkan seluruh pihak mulai dari musrenbang pemuda, tematik, hingga anak agar pembangunan di Kabupaten Gowa bisa dirasakan secara bertahap oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Jadi sampaikan apa yang ingin disampaikan, apa yang masih menjadi kekurangan, dari situlah nanti Bappeda bersama dengan SKPD terkait akan merumuskan seperti apa pemenuhan yang akan dilakukan oleh Kabupaten Gowa, agar pembangunan tahun 2024 bisa secara bertahap memenuhi kewajiban dan pemenuhan hak anak yang ada di wilayah kabupaten Gowa ini,” jelas Adnan.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Gowa, Sujjadan mengatakan Musrenbang Anak ini merupakan bagian dari tahapan perencanaan pembangunan yang bertujuan untuk menjamin pemenuhan hak anak, dan perlindungan anak.

“Kegiatan Ini ditujukan untuk menyelaraskan fasilitas dan sasaran pembangunan daerah Kabupaten Gowa, dengan mendengarkan suara dan aspirasi anak untuk dimasukkan ke dalam rencana pembangunan Pemerintah Kabupaten Gowa tahun 2024,” jelasnya.

Ia berharap dalam Musrenbang ini akan muncul kreativitas dari para anak untuk pembangunan Kabupaten Gowa kedepan dengan adanya usulan prioritas anak-anak Gowa dari beberapa kluster yang akan langsung diteruskan kepada SKPD terkait Melalui aplikasi SIPD.

Salah satu anak yang terlibat dalam Musrenbang Anak, Mustika Syahrudin merasa bangga bisa dilibatkan dalam pembangunan yang ada di Kabupaten Gowa. Menurutnya melalui kegiatan ini aspirasi-aspirasi para anak bisa dijadikan masukan oleh oemerintah daerah.

“Alhamdulillah ada rasa bangga tersendiri, karena merasa saya hanya anak tapi suara kami didengarkan bahkan dilibatkan dalam pembangunan yang ada di Kabupaten Gowa. Semoga suara kami nanti yang akan dicetuskan betul-betul mewakilkan seluruh aspirasi teman-teman yang ada disini, jadi kita akan betul-betul aktif berpartisipasi selama kegiatan musrenbang,” ungkap Siswi SMAN 1 Gowa itu.

Dirinya menyebutkan, salah satu aspirasi yang akan dikemukakan yakni adanya space untuk para anak di ruang terbuka hijau (RTH). Menurutnya space seperti itu akan dirasakan manfaatnya untuk seluuh anak yang ada.

Pada Musrenbang Anak ini Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan dan psikolog yang juga pakar pendidikan, Prof. Dr. Muhammad Jufri menjadi narasumber dihadapan seluruh anak yang terlibat.

Turut hadir Wakil Ketua PKK Gowa, Mussadiyah Rauf, Anggota DPRD Gowa Ardiansyah, Pimpinan SKPD dan Para Camat Lingkup Pemkab Gowa.(NH)

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img