23 C
Makassar
Sabtu, April 17, 2021
BerandaMetropolisPemkot Makassar Adopsi Model dan Inovasi PTSP Sulsel

Pemkot Makassar Adopsi Model dan Inovasi PTSP Sulsel

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Penjabat Wali Kota Makassar dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Makassar, berupaya mewujudkan pelayanan perizinan yang baik dan cepat, tanpa harus dipersulit. Salah satunya, dengan mengadopsi model pelayanan PTSP Provinsi Sulsel beserta inovasinya.

“Kunjungan ini sebenarnya bahwa kita sadar betul, ujung tombak dari pelayanan, khususnya Kota Makassar itu ada pada bagaimana melayani masyarakat secara langsung, khususnya yang terkait dengan yang membutuhkan perizinan,” kata Penjabat Wali Kota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin, di Kantor PTSP Sulsel, di Bougenville Makassar, Senin, 31 Agustus 2020.

Wali Kota dengan latar belakang akademisi ini melihat bahwa Dinas Perizinan (PTSP) Provinsi telah melakukan beberapa inovasi yang sangat membantu masyarakat.

“Inovasi terakhir yang dilakukan kepala dinas adalah bagaimana memperpendek pengurusan izin kegiatan penelitian mahasiswa, dari beberapa hari menjadi beberapa menit. Inikan luar biasa,” sebutnya.

Kunjungan ini diharapkan menjadi motivasi untuk memberikan pelayanan terbaik serta inovasi secara terus menerus. Harapannya, keluhan yang kadang kala muncul terkait perizinan di Kota Makassar bisa berbalik menjadi kepuasan. Itu yang ingin ditonjolkan.

“Terus terang juga saya sebagai warga kota, kadang kala sebagian masyarakat kita, menjadi momok tersendiri kalau ingin mengurus sesuatu perizinan. Bahkan sebelum mengurus saja sudah stres, sudah terbayangkan kesulitan yang mungkin bakalan muncul selama proses perizinan,” ucapnya.

Salah satu yang disampaikan Rudy adalah bagaimana menyiapkan kotak pengaduan dan keluhan masyarakat yang ia dapat baca langsung.

Sedangkan Kepala Dinas PTSP Sulsel, Jayadi Nas, menyebutkan, tugas utama dari pemerintah adalah melayani. Tentu masyarakat menginginkan pelayanan yang baik. PTSP merupakan etalasenya pelayanan pemerintahan.

“Kalau di sini baik, maka image yang akan tumbuh di tengah masyarakat akan baik. Tapi kalau di PTSP itu jelek, maka sebaliknya juga akan terjadi. Oleh karena itu, PSTP selalu melakukan inovasi terbaik, apa yang menjadi kebutuhan dan kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Kunjungan dari Wali Kota Makassar menjadi bagian dari upaya bersama meningkatkan pelayanan.

“Apalagi Kota Makassar merupakan sentra pelayanan di Sulsel, sehingga perlu ada kesepahaman dengan Pemkot Makassar untuk supaya masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik,” pungkasnya.

- Advertisment -

Headline