30 C
Makassar
Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaMetropolisPemprov Sulsel Siapkan Penjemputan PMI Asal Malaysia

Pemprov Sulsel Siapkan Penjemputan PMI Asal Malaysia

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Malaysia rencananya memulangkan sebanyak 7.300 pekerja migran Indonesia (PMI) dari negara jiran itu.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyiapkan rencana penjemputan para PMI asal provinsi ini.

Kepala Disnakertrans Sulsel Darmawan Bintang mengatakan, informasi dia peroleh dari Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), 7.300 PMI itu diupayakan dipulangkan dari Malaysia pada Juni-Juli 2021.

“Kami siapkan penjemputan di Pelabuhan Parepare dan Makassar. Kami juga koordinasi kepada kabupaten dan kota untuk kemudian mengawal ke daerah masing-masing,” katanya.

Terkait jumlah pekerja migran asal Sulsel dari 7.300 orang tersebut, dia mengaku belum mendapatkan data resmi. Namun, Pemprov Sulsel dalam hal ini siap memberikan layanan agar para pekerja yang harus dideportasi dari Malaysia.

Kepala BP2MI Benny Rhamdani mengatakan, pihaknya sudah berkomitmen untuk menjemput para PMI untuk dikembalikan ke daerah masing-masing dengan selamat.

“Jumlahnya itu 7.300 PMI dari Malaysia. Pasti banyak dari Sulsel, meski bukan dominan. Para pekerja migran yang berangkat secara nonprosedural tentu riskan mendapatkan masalah. Kita bisa menekan dengan cara pemberangkatan secara legal,” katanya.

BACA JUGA :  Luhut:Kita Punya Pelabuhan Strategis
BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.139,5
EUR
16.445,6
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.400,6
SGD
10.508,0