24 C
Makassar
Senin, Juni 27, 2022
BerandaDaerahPemuda Tani Didorong Manfaatkan Inovasi untuk Tingkatkan Sektor Pertanian

Pemuda Tani Didorong Manfaatkan Inovasi untuk Tingkatkan Sektor Pertanian

PenulisM. Syawal
- Advertisement -

GOWA, SULSELEKSPRES.COM – Keterlibatan pemuda terus didorong dalam meningkatkan pembangunan daerah, termasuk dalam sektor pertanian. Upaya ini tentunya dilakukan dengan mendorong pemuda untuk memanfaatkan teknologi pertanian yang terbaru.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, langkah ini pun sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Gowa yang tertuang dalam RPJMD 2021-2025. Di mana menjadikan pertanian sebagai salah satu prioritas utama dalam pembangunan daerah.

“Jika pemuda ikut melibatkan diri dalam pertanian, maka yakin dan percaya, pertanian ke depannya akan lebih maju, mandiri, dan modern,” ungkapnya pada Pelantikan Pengurus dan Rapat Kerja Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pemuda Tani HKTI Kabupaten Gowa di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku, Sabtu (30/10/2021).

Menurut Adnan, saat ini adalah masa yang paling tepat untuk kembali membangkitkan sektor pertanian. Hal ini dikarenakan saat pandemi melanda Indonesia, sektor pertanian secara nasional dapat bertahan dengan tetap tumbuh sebesar 2,59 persen pada kuartal IV tahun 2020.

“Di zaman yang terus berkembang, metode dan teori serta teknologi di bidang pertanian terus berkembang. Golongan usia produktif atau milenial yang berjumlah 65 persen ini harus mengambil peran untuk lebih mengembangkan pertanian,” katanya.

Adnan meminta, pemuda tani HKTI Gowa untuk membuat inovasi bersama dinas terkait untuk membuat 1 satu contoh kongkrit lahan yang terintensifikasi dengan baik sehingga produksi dan kualitasnya lebih tinggi dibandingkan yang dikelola secara tradisional.

“Saya berharap ada desa binaan HKTI Gowa yang mampu menunjukkan pertanian modern supaya bukan hanya teori tapi langkah konkrit dan bisa dirasakan dan dilihat hasilnya,” katanya.

Ke depannya, Adnan berharap agar sektor pertanian dapat terus meningkat produktivitasnya, agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga dapat meningkat.

BACA JUGA :  Pemkab Gowa Target Produksi Kopi Arabika Siap Tembus Pasar Eropa

Sementara Ketua DPC Pemuda Tani HKTI Kabupaten Gowa Muhammad Ridwan berharap, penerapan teknologi tepat guna dapat diedukasi kepada masyarakat Kabupaten Gowa sehingga produktivitas, kualitas, dan efesiensi tenaga kerja untuk pertanian sendiri dan kesejahteraan petani bisa lebih meningkat dengan adanya kemudahan-kemudahan dalam bercocok tanam.

“Dari mulai proses tanam sampai panen dan semoga teman-teman HKTI mampu hadir merealisasikan harapan – harapan dari Bapak Bupati. Kedepannya kami juga berencana untuk membuat desa binaan DPC HKTI Gowa sebagai percontohan,” ujar Ridwan.

spot_img
spot_img

Headline