24 C
Makassar
Minggu, November 27, 2022
BerandaHealthPentingnya Istirahat untuk Menghilangkan Stres

Pentingnya Istirahat untuk Menghilangkan Stres

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Stres kerja dapat membuat kamu tidak menikmati rutinitasmu. Akibatnya, kamu tidak bisa menikmati hidup dan pekerjaanmu, jadinya kamu mudah marah, pekerjaan jadi berantakan, bahkan bukan tak mungkin ada rasa benci akan pekerjaan.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan stres kerja? Begini caranya:

1. Tidur dan Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup dapat mengurangi perasaan cemas dengan meningkatkan kemampuan untuk memproses stres dan bereaksi dengan cara yang tepat. Bayangkan kamu sudah stres karena pekerjaan, kemudian ditambah lagi kurang tidur.

Kondisi ini bisa membuat jantung bekerja lebih keras. Itulah sebabnya kamu perlu mendapatkan tidur dan istirahat yang cukup saat sedang sibuk-sibuknya bekerja.

2. Curhat

Sering diabaikan, padahal curhat termasuk cara menghilangkan stres yang mujarab. Ketika kamu sedang lelah-lelahnya bekerja, pikiran mumet, belum lagi masalah-masalah lain dalam kehidupan, kamu pasti ingin didengarkan untuk berbagi keluh dan kesah.

Nah, lewat curhat kamu bisa menghilangkan stres atau setidaknya berbagi beban pikiran dengan orang yang dipercaya.

3. Olahraga

Ada saja yang beranggapan saat terlalu sibuknya bekerja, maka sah-sah saja jika tidak punya waktu untuk berolahraga. Padahal, justru kalau kamu sedang sibuk bekerja, kamu perlu meluangkan waktu untuk meringankan pikiran dengan cara berolahraga.

Olahraga dapat membantu melegakan penat pikiran, sehingga kamu bisa lebih rileks dan siap untuk kembali menyibukkan diri dengan pekerjaan.

4. Berkumpul bersama Keluarga

Meski terkesan sederhana, namun momen berkumpul dengan keluarga dapat menjadi cara menghilangkan stres yang seringkali diabaikan. Dengan bertemu dengan keluarga, kemudian bercerita, makan bersama, maka ini dapat membantu kamu untuk sejenak melupakan stres pekerjaan.

Kamu juga bakal merasa disayangi dan diperhatikan oleh keluargamu. Perasaan disayangi ini dapat setidaknya mengurangi stres akibat kerja.

5. Biasakan untuk Berkata “Tidak”

Terkadang, stres kerja terjadi karena rasa tidak enakan atau tidak mau dianggap tidak kompeten atau lari dari tanggung jawab. Alih-alih menolak dan berkata “tidak”, ada kecenderungan untuk mengiyakan apapun yang menjadi permintaan atasan ataupun rekan kerja.

Inilah yang bisa memicu stres. Nah, jika kamu mengetahui hal ini, ada baiknya mulai sekarang kamu membiasakan untuk berkata “tidak”. Khususnya pada sesuatu yang memang tidak sanggup untuk diselesaikan.
Jangan Pernah Mengabaikan Stres Kerja

Stres kerja dapat menyebabkan gangguan kesehatan fisik dan mental. Pada akhirnya, kondisi stres ini akan mengganggu ritme dan mood kerja, interaksi sosial, dan penerimaan diri.

Untuk menghilangkan stres kerja, maka penting untuk tahu apa yang menjadi tanda kalau seseorang mengalami stres di dunia kerja berikut ini:

1. Menjadikan Pekerjaan sebagai Beban

Bila pekerjaan sudah tidak terasa menyenangkan lagi, itu artinya kamu sedang mengalami stres di dunia pekerjaan.

2. Tidak Bisa Tidur karena Memikirkan Pekerjaan

Bila bayang-bayang akan pekerjaan selalu membuat kamu kesulitan untuk tidur, ini adalah tanda kalau kamu sedang mengalami stres kerja.

3. Mudah Tersinggung saat Diinterupsi ketika Bekerja

Sesibuk-sibuknya, tidaklah perlu sampai marah atau meledak ketika kamu diinterupsi saat mengerjakan pekerjaan kantor. Ketersinggungan menjadi tanda kalau kamu sangat sensitif untuk urusan kantor.

Menyadari tanda-tanda stres kerja ini, ada baiknya kamu segera melakukan konsultasi dengan psikolog ataupun dokter untuk mendapatkan saran profesional.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer