31 C
Makassar
Selasa, Februari 7, 2023
BerandaMetropolisPerayaan Natal Oikumene Kemenkumham Sulsel, Kakanwil Jelaskan Pentingnya Perdamaian

Perayaan Natal Oikumene Kemenkumham Sulsel, Kakanwil Jelaskan Pentingnya Perdamaian

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Perayaan Natal Jemaat Oikumene Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan (Sulsel) yang dilaksankan di Aula Kanwil Sulsel, Jumat malam(6/1) di warnai dengan pembagian tanda kasih bagi anak – anak panti asuhan dalam balutan suasana kebersamaan dan kedamaian yang begitu indah.

Ketua Oikumene Kanwil Kemenkumham Sulsel, John Batara Manikallo yang saat ini menjabat sebagai Kepala Divisi Administrasi Kanwil Sulut mengatakan pearayaan natal kali ini berupaya membangun semangat kebersamaan dan kepedulian dengan menyebarkan kasih kepada sesama, menghadirkan anak – anak panti asuhan merayakan natal bersama dan memberikan bantuan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak yang menghadiri kegiatan mengatakan bahwa damai itu indah dan dengan kedamaian akan menghadirkan indahnya kebersamaan.

“Mari kita syukuri karena tanpa adanya kedamaian maka orang kaya, orang miskin, orang sehat maupun orang sakit akan teraniaya dan tidak akan kita rasakan indahnya kebersamaan,” ujar Kakanwil

Dalam menyikapi kedamaian, kita sebagai ASN diharapkan menjadi alat pemersatu bangsa dengan menjaga kerukunan umat beragama, inilah indahnya kebersamaan.

“ASN adalah bagian terdepan yang mengamankan Republik ini dari usaha – usaha orang yang tidak ingin Republik ini damai,” imbuh Kakanwil

Untuk itu, Netralitas dan alat pemersatu ASN harus dikedepankan, jangan ada diskriminasi. “Yang saya ingingkan di setiap Kantor yang ada di Sulawesi Selatan menjaga kerukunan umat beragama. Jika waktunya shalat maka umat islam melaksanakannya dan jika waktunya berdoa untuk umat kristen juga melaksanakannya tanpa ada gangguan sama sekali. Disini kita lihat indahnya kebersamaan,” kata Kakanwil

Terakhir Kakanwil mengingatkan untuk jajaran Kanwil Kemenkumham Sulsel agar jangan ada nuansa – nuansa berbau SARA di Wilayahnya. “Walaupun Saya kelahiran Sumatera Utara, namun saya menggunakan filosofi orang minang ‘Di mana Bumi dipijak disitu langit dijunjung’. Sekarang saya bertugas di Sulawesi Selatan, maka ini adalah kampung saya,” terang Kakanwil

“Hanya cinta dan kasih yang bisa menyatukan kita tanpanya kita tercera berai. Mari kita dukung ASN menjadi pionir pemersatu bangsa yang menciptakan kedamain untuk bisa hidup berdampingan,” lanjut Kakanwil mengajak para hadirin.

Sebelumnya Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Sulsel, Suprapto menyampaikan bahwa perayaan natal ini tentunya akan memberikan kedamaian dihati dan membuat kita menjadi manusia baru yang semakin dekat dengan tuhan serta memiliki motivasi yang tinggi untuk mengabdikan dirinya bagi masyarakat dan bangsa.

Turut Hadir dalam perayaan Natal Kanwil Kemenkumham Sulsel Yakni Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Hernadi, Ketua Ikatan Notaris Sulsel, Kalapas dan Karutan, Ketua IPPAT Sulsel Ibu Paula, Ketua Dharma Wanita Pengayomam Kanwil Kemenkumham Sulsel dan Pipas serta para pejabat Kanwil Sulsel.

spot_img

Headline

Populer