30 C
Makassar
Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaHealthPilihan Menu Makan Sahur untuk Anak

Pilihan Menu Makan Sahur untuk Anak

- Advertisement -

Pisang

Pisang mengandung tinggi serat yang dapat menjaga kesehatan pencernaan Si Kecil dan mencegahnya mengalami sembelit saat puasa. Selain dimakan langsung, agar lebih menarik bagi Si Kecil, Bunda juga bisa mengolah pisang dengan cara dipanggang kemudian ditambahkan taburan keju di atasnya.

Daging dan ikan

Daging dan ikan juga bisa menjadi pilihan lauk-pauk sehat untuk menu sahur Si Kecil. Pilihlah daging sapi atau ayam tanpa lemak sebagai sumber protein yang dapat memasok energi Si Kecil selama berpuasa. Untuk ikannya, ikan sarden, tongkol, dan salmon bisa jadi pilihan yang ideal.

Agar lebih sehat, sebaiknya olah daging dan ikan dengan cara dipanggang. Sajikan lauk pauk ini bersama dengan nasi merah dan aneka sayuran yang direbus guna menambah nilai nutrisinya.

BACA JUGA :  Jelang Ramadan, Satgas Pangan Bone Sidak Pasar

Bunda, selain jenis makanan di atas, kombinasikan juga beragam buah dan sayuran lainnya agar Si Kecil tidak bosan, ya. Jangan lupa ajak Si Kecil untuk berolahraga, mengingatkannya banyak minum air putih, dan memastikan waktu tidurnya tercukupi.

Dengan menerapkan pola puasa sehat, Si Kecil tetap bisa aktif bermain setiap hari meski sedang berpuasa dan tumbuh kembangnya tidak terganggu. Si Kecil pun bisa memperoleh manfaat puasa dengan maksimal.

Akan tetapi, jika Bunda ragu untuk memberikan makanan-makanan di atas atau masih memiliki pertanyaan terkait makanan yang cocok disajikan ke anak saat sahur atau berbuka puasa, Bunda bisa konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

Sumber: Alodokter

spot_img

Headline