26 C
Makassar
Rabu, Mei 25, 2022
BerandaRagamPilkada Ditengah Pandemi, Jusuf Kalla: Saya Sarankan Ditunda

Pilkada Ditengah Pandemi, Jusuf Kalla: Saya Sarankan Ditunda

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serenrak tahun 2020 yang digelar ditengah pandemi COVID-19, menuai pro/kontra.

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyarankan pilkada yang akan dilakukan pada akhir tahun ini secara serentak.

Karena menurutnya, saat ini belum memungkinkan untuk pelaksanaan Pilkada. Hal ini terkait dengan kerumunan massa yang bisa ditimbulkan dalam Pilkada Serentak.

Selain itu juga sulit untuk menjaga kepatuhan untuk menerapkan prokotol kesehatan dalam kerumunan tesebut.

“Kalau memang sulit dan ternyata susah untuk mencegah perkumpulan orang hanya 50 sesuai aturan yang dikeluarkan oleh masing-masing gubernur. Maka lebih manfaat ke masyarakat itu bisa ditunda pilkada,” ujar Jusuf Kalla dilansir dari Warta Kota, Sabtu (19/9/2020).

Jusuf Kalla menyarankan pemerintah menundanya hingga vaksin Covid-19 sudah tersedia di Indonesia.

“Saya sarankan ditunda dulu sampai beberapa bulan, sampai dengan vaksin ditemukan. Dan vaksin ditemukan nanti langsung menurun itu (angka penyebaran Covid-19),” tutur Jusuf Kalla.

Menurutnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus membuat aturan ketat terkait mekanisme pengumpulan massa dalam tahapan pilkada. Namun apabila sulit mencegah masyarakat berkerumun, Jusuf Kalla kembali ke usulnya yakni menunda.

“Saya kira KPU harus membikin syarat-syarat berkumpul atau apa. Kalau terjadi pelanggaran syarat-syarat, katakanlah kampanye hanya 50 (orang), tapi terjadi 200 (orang).”

“Kalau terjadi kecenderungan itu ya lebih baik dipertimbangkan kembali waktunya,” tutup Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) itu.

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3