29 C
Makassar
Selasa, Februari 7, 2023
BerandaDaerahPKK Parepare-RSUD Andi Makkasau Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

PKK Parepare-RSUD Andi Makkasau Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun 2022, pengurus Tim Penggerak (TP) PKK Kota Parepare menggelar bakti sosial (baksos), berupa layanan operasi bibir sumbing gratis.

Kegiatan ini berkolaborasi denganRumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau, RSGM, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Parepare, dan Celebes Center ini, dipusatkan di RSUD Andi Makkasau Parepare, Sabtu (24/12/2022).

Ketua Pokja IV TP PKK Kota Parepare yang juga Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Anggraeni Sari mengatakan, program baksos diperuntukkan bagi penyandang bibir sumbing dari keluarga kurang mampu. Pasalnya, kata dia, bibir sumbing dapat menghambat tumbuh dan kembang anak sebagai penyebab stunting.

“Ada 15 pasien kelainan celah bibir dan lelangit yang terdaftar, namun hanya 13 yang lolos screening dan dilakukan tindakan operasi rekonstruksi secara gratis,” jelasnya.

Para pasien itu sebut dia berasal dari Parepare, Sidrap, Pinrang, dan Kabupaten Wajo.

Sementara, Ketua TP PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan berharap, pelaksanaan baksos operasi bibir sumbing secara gratis ini dapat menurunkan angka penyandang bibir sumbing yang cenderung meningkat setiap tahun di Indonesia.

“Dan kita juga berharap operasi bibir sumbing dapat memberikan kebahagiaan kepada para Ibu dalam peringatan Hari Ibu tahun inu karena melihat anaknya dapat tumbuh normal,” harapnya.

Erna menerangkan, penanganan bibir sumbing hasilnya dapat dirasakan langsung oleh pasien setelah operasi selesai dilakukan. “Kami senang karena dengan operasi bibir sumbing ini, pasien bisa langsung beraktivitas setelah operasi selesai dilakukan nantinya,” ujar istri Taufan Pawe, Wali Kota Parepare.

Erna, sapaan karib dia juga menyampaikan apresiasi atas kerja kolaborasi bersama RSUD Andi Makkasau, RSGM, dan sejumlah organisasi-organisasi kedokteran di Parepare.

BACA JUGA :  Pasca Pencabutan Aturan PPKM, RSUD Andi Makkasau Imbau Pengunjung Tetap Terapkan Prokes

“Sesungguhnya sesuatu hal yang dikerjakan bersama akan lebih mudah. Hal ini juga berlaku untuk membantu orang yang tengah kesulitan. Salah satunya melalui baksos operasi bibir sumbing gratis. Terima kasih kepada Tim Dokter, Perawat, serta jajaran RSUD Andi Makkasau, RSGM, IDI, PDGI, dan Celebes Center yang berperan menyukseskan operasi bibir sumbing ini,” ucapnya.

Erna berharap operasi bibir sumbing ini, dapat berjalan lancar agar pasien dapat kembali tersenyum dan dapat pula meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam bersosialisasi di tengah-tengah masyarakat.

spot_img

Headline

Populer