24 C
Makassar
Rabu, Desember 1, 2021
BerandaMetropolisPlt Gubernur Sulsel Siapkan Tim Usut Tuntas Kasus Pencabulan 3 Bocah di...

Plt Gubernur Sulsel Siapkan Tim Usut Tuntas Kasus Pencabulan 3 Bocah di Lutim

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Kasus dugaan pencabulan yang menimpa tiga anak di Kabupaten Luwu Timur (Lutim) kini menyita banyak perhatian. Salah seorang diantaranya, Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

Andi Sudirman Sulaiman meminta kasus dugaan pencabulan yang menimpa tiga anak tersbeut diusut secara tuntas.

Andi mengatakan, jika kejadian ini benar adanya, maka sudah di luar batas dan tidak rasional. Sehingga sepatutnya mendapat perhatian serius. “Tidak rasional, tim akan turun untuk melihat faktanya,” ucap Andi Sudirman dalam keterangan tertulis, Minggu (10/10/2021).

BACA JUGA: Dugaan Kekerasan Seksual Anak di Lutim, Kuasa Hukum Desak Polri Buka Kembali Penyelidikan

Dia sudah membentuk tim yang akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk bersama sama melakukan penyelidikan kembali kasus ini. Baginya, pelaku kekerasan seksual terhadap anak ini pernah terdengar 2019 lalu dan muncul kembali, jadi perlu usut tuntas kebenarannya.

“Kita beri kesempatan kepada teman-teman APH (aparat penegak hukum) dan tim untuk bekerja bersama dan selidiki. Perlu melakukan penyelidikan secara menyeluruh sesuai prosedur dan ungkap kasus ini dengan sebenar-benarnya,” ujarnya.

Dia telah meminta kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (P3A Dalduk KB) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk berkoordinasi dengan Pemkab Lutim.

BACA JUGA :  Pemkot Targetkan Rp 4,5 Juta Per Hari Pendapatan di Area PKL Center

“Saya sudah minta Kadis P3A untuk turun koordinasi dengan Pemkab Lutim. Termasuk pendampingan kepada keluarga korban,” ucap dia.

Diketahui, kasus dugaan pemerkosaan yang dialami tiga orang anak berusia di bawah 10 tahun di Lutim pada 2019 baru-baru ini viral di media sosial.

Berdasarkan laporan ibu kandung ketiga anak, terduga pelaku tak lain ayah kandung mereka sendiri. Adapun Polres Lutim sebelumnya telah menutup kasus ini karena menganggap lemahnya barang bukti yang ada.

BACA JUGA: Viral Penghentian Kasus ‘3 Anak Saya Diperkosa’, Begini Kata Kapolres Lutim

Sebelumnya, Polisi Daerah (Polda) Provinsi Sulawesi Selatan siap membuka kasus dugaan kekerasan seksual anak di bawah umur di Luwu Timur. Sebelumnya kasus tersebut dihentikan Polres Kabupaten Luwu Timur pada 2019, namun mencuat setelah viral di media sosial.

“Kami akan lihat lagi (kasusnya), kalau memang dalam proses berjalannya ada ditemukan bukti yang baru, maka tidak menutup kemungkinan penyidikannya akan dibuka kembali,” kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol E Zulpan di Makassar, Sabtu (9/10/2021).

Selain itu, Kapolres Luwu Timur, AKBP Silvester Simamora, telah bertemu pelapor berinisial RS ibu para anak korban untuk memberikan pemahaman tentang proses kasus yang dilaporkannya ke Polres Lutim pada bulan Oktober 2019 dan telah dihentikan proses penyelidikan karena tidak cukup bukti.

Kendati demikian, kata Zulpan, laporan yang diterima dalam pertemuan itu, mengatakan, Polres Luwu Timur akan membuka kembali kasus itu bila ada bukti-bukti baru.

“Kapolres Lutim menegaskan akan membuka kembali kasus tersebut apabila ada bukti- bukti baru yang cukup” katanya.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.284,0
EUR
16.394,6
JPY
125,3
KRW
12,1
MYR
3.430,4
SGD
10.543,3