24 C
Makassar
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaDaerahPMII Maros Minta PT Semen Bosowa Transparansi Penyaluran CSR

PMII Maros Minta PT Semen Bosowa Transparansi Penyaluran CSR

- Advertisement -

MAROS, SULSELEKSPRES.COM – Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Maros berharap PT. Semen Bosowa Maros transparan dalam pengelolaan dan penyaluran program Corporate Social Responsibility (CSR).

“Hal ini penting karena berdasarkan informasi yang kami dapatkan bahwa PT. Semen Bosowa Maros saat ini manajemen pengelolaannya telah diambil alih oleh PT. Indocement, sebuah perusahaan Semen yang berpusat di Eropa.” ujar Ketua PC PMII Maros, Muh. Haidir Idris sesuai keterangannya, Senin (10/10/2022), dilansir dari rilisnya

Menurut Haidir, selama ini perusahaan yang didirikan oleh Aksa Mahmud itu, tidak jelas dan tidak transparan penyaluran CSR nya ke masyarakat kabupaten Maros, khususnya ke warga desa Tukamasea dan Baruga yang merupakan desa di sekitar pabrik.

“Masyarakat sekitar lokasi pabrik semen Bosowa harus menjadi prioritas penyaluran CSR nya yakni warga Desa Tukamasea dan Baruga. Harus jelas dan transparan dana kegiatannya. Dan masyarakat Maros secara umum juga harus mendapatkan manfaat dari keberadaan PT. Semen Bosowa Maros melalui program pemberdayaan masyarakat dari dana CRS perusahaan.” lanjutnya.

Terkait kewajiban CSR perusahaan, Undang-undang mengamanatkan agar perusahaan melakukan CSR, hal itu tercantum di Pasal 74 ayat (1) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (“UU PT”) yang berbunyi: “Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Lebih lanjut, Haidir berharap pemerintah kabupaten Maros dan DPRD Maros segera menyelesaikan dan mengesahkan Peraturan Daerah tentang CRS yang saat sedang dibahas, agar ada payung hukum yang lebih teknis mengatur mekanisme pengelolaan dan penyaluran CRS seluruh perusahaan yang beroperasi di Maros tidak hanya PT. Semen Bosowa tentunya.

spot_img

Headline

Populer