23 C
Makassar
Sabtu, April 17, 2021
BerandaEdukasiPramuka Garuda: Penghargaan Tertinggi Peserta Didik

Pramuka Garuda: Penghargaan Tertinggi Peserta Didik

- Advertisement -

WAJO, SULSELEKSPRES.COM – Gerakan Pramuka dalam kegiatannya senantiasa melaksanakan melalui berbagai kegiatan menarik, menantang, menyenangkan yang mengandung pendidikan dalam usaha mencapai tujuannya.

Untuk itu, Gerakan Pramuka memberikan penghargaan berupa tanda kecakapan kepada setiap anggotanya yang berprestasi sebagai manifestasi dari metode Kepramukaan.

Hal inilah yang diungkapkan oleh Ir. Abustan Idris.,M.Eng, Pelatih Pembina Pramuka Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Nasional (Pusdiklatnas) ketika menjadi Narasumber pada kegiatan Webinar Kepramukaan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo

Lebih lanjut diungkapkan bahwa Tanda Pramuka Garuda merupakan suatu bentuk kiasan dasar lambang kehormatan, kemandirian, kekuatan, yang diharapkan dapat memberikan kebanggaan bagi peserta didik.

“Sistem dan Mekanisme Pencapaian Pramuka Garuda diatur dalam Petunjuk Penyelenggaraan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 184.A Tahun 2008 dan diperbaharui dengan No. 038 tahun 2017,”Jelasnya.

BACA: Pramuka Saka Bahari Sulsel Pecahkan Rekor MURI di KRI Bima Suci-945 dan Dewaruci

Sebelum menjadi seorang Pramuka Garuda, Seorang Pramuka Penegak (Usia 16-20) tahun) harus melewati beberapa proses pendidikan kepramukaan yakni Pencapaian Pramuka Penegak Tingkat Bantara dan Laksana serta Pencapaian Tanda Kecakapan Khusus/TKK baik tingkat Purwa, Madya dan Utama.

“Menjadi seorang Pramuka Garuda pada dasarnya  merupakan pencapaian dan penghargaan tertinggi oleh seorang Pramuka”

Sedangkan untuk Pramuka Pandega

(Usia 21-25 tahun) terlebih dahulu harus menyelesaikan Syarat-Syarat Kecakapan Umum (SKU) Golongan Pandega serta Pencapaian TKK baik tingkat Purwa, Madya dan Utama.

“Untuk itu, Seorang Pembina Pramuka memiliki tanggung jawab untuk menyajikan materi dan kurikulum Kepramukaan yang mengarah pada pencapaian Kecakapan Umum (SKU dan TKU), Kecakapan Khusus (SKK dan TKK) serta Kecapakapan Pramuka Garuda (SPG dan TPG”

Kegiatan Webinar Kepramukaan kali ini dihadiri oleh peserta yang berasal dari unsur Pembina Pramuka di gugus depan serta Pramuka Pandega Se-Kwartir Cabang Wajo dan beberapa perwakilan dari Kwartir Cabang lainnya.

“Melalui Webinar Kepramukaa kali ini, kita berharap Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo mulai berbenah dan menyiapkan peserta didiknya untuk mencapai tingkatan tertinggi seorang peserta didik yakni menjadi seorang Pramuka Garuda” ungkap Pria yang merupakan Pembina Pramuka Mahir Pandega tersebut.

Kegiatan Webinar kali ini juga dihadiri oleh Perwakilan Pramuka Garuda dari Luar Negeri yakni Megan Heany, Asal Australia dan Jose Arias dari Kolumbia

- Advertisment -

Headline