24 C
Makassar
Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaRagamRayakan Hari Buku, FLP Makassar Gelar Sayembara Karya

Rayakan Hari Buku, FLP Makassar Gelar Sayembara Karya

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM -Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang kota Makassar, merayakan peringatan Hari Buku Nasional dengan cara yang berbeda dari kebanyakan orang.

Jika sebagian besar orang merayakan lewat diakusi, dialog, atau bedah buku, para kekasih [juluka untuk anggota] Forum Lingkar Pena memperingati Hari Buju Nasional dengan cara yang unik dan kreatif.

Mereka memperingati momen tersebut dengan cara menginisiasi agenda Sayembara karya untuk membukukan profil penulis nasional favorit para kader mereka.

Bagi Tetta Sally, Ketua Forum Lingkar Pena (FLP) cabang Makassar, agenda ini merupakan stimulus untuk meningkatkan kecintaan kita terhadap karya dan penulis nasional.

Dia juga mengajak para pegiat literasi untuk mencintai karya penulis lokal. Selain itu, Tetta juga mengingatkan agar tidak membeli buku-buku bajakan.

“Kami mengajak seluruh pegiat literasi untuk mencintai karya-karya penulis dalam negeri. Banyak pegiat literasi yang masih candu membeli buku bajakan,” ujat Tetta.

Lebih lanjut Tetta juga mengingatkan kepada pihak-pihak yang terbuasa meminjam buku, sekiranya hendak dikembalikan ke pemiliknya. Sebab hal itu adalah cara kita menghargai penulis dan pembaca itu sendiri.

“Masih banyak juga teman-teman yang meminjam buku temannya, lalu tidak sadar untuk mengembalikan. Ingatlah bahwa jika ingin menjadi penulis yang baik, maka terlebih dahulu, jadilah pembaca yang baik. Yakni menghormati setiap penulis dengan cara membeli karya-karyanya di toko buku,” lanjut Tetta.

Sementara penanggungjawab kegiatan sekaligus koordinator Departemen Karya, Ahmad Akbar, menuturkan bahwa seputar mekanisme yang akan digunakan dalam sayembara karya tersebut bakal disampaikan lebih lanjut.

“Sosialisasi akan kami lakukan ke FLP tingkatan ranting, sehingga karya yang terkumpul dapat maksimal. Selanjutnya kami akan membedah dengan agenda bengkel karya,” terang Akbar.

Sementara rentang waktu sayembara sendiri akan berlangsung sejak hari Junat (17/5/2019) kemarin, kemudian akan berakhir pada tanggal (1/6/2019).

Bagi peserta yang turut ambil bagian dalam sayembara ini diinstruksikan agar mengirim karyanya ke website Forum Lingkar Pena Makassar.

Penulis : Widyawan Setiadi

spot_img

Headline