26 C
Makassar
Kamis, Februari 22, 2024
BerandaParlemanRealisasi PAD Terjun Bebas, DPRD Kota Makassar Soroti Kinerja Walikota

Realisasi PAD Terjun Bebas, DPRD Kota Makassar Soroti Kinerja Walikota

- Advertisement -
- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Realisasi penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Makassar tahun 2018 menurun drastis dari tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu tercantum dalam laporan Pejabat Sementara walikota Makassar, yang dibacakan dalam Sidang Paripurna di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Makassar, Jumat (5/7/2019) siang.

Laporan itu sontak mendapat respon dari anggota DPRD kota Makassar. Pihak DPRD menilai bahwa penurunan ini perlu ditindaklanjuti dengan melakukan evaluasi kepada para SKPD.

BACA: Anak di Bawah Umur Terlibat Kejahatan, DPRD Makassar Harap Pemkot Cari Solusi

Bahkan Ketua Komisi C DPRD Kota Makassar, Rahman Pina, menyebutkan bahwa penerimaan PAD di masa kepemimpinan Iqbal Suhaeb terjun bebas.

“PAD kita ini menurun sekali, ini terjun bebas. Di empat, lima tahun sebelumnya PAD sudah meningkat, bahkan selalu lebih. Tapi kenapa tiba-tiba turun sekali?” ujar Rahman Pina.

“Ini artinya pak Walikota harus melakukan evaluasi kepada SKPD yang menyebabkan penurunan pendapatan dengan segera,” lanjutnya.

Ketua DPRD Kota Makassar, Farouk M. Betta, juga menyampaikan pendapat senada dengan Rahman Pina. Farouk mengatakan bahwa penurunan pendapatan secara tiba-tiba ini menjadi sebuah masalah.

BACA: Legislator Bondowoso Belajar Tekhnis Pembahasan Dana Silpa di DPRD Makassar

“Ini (PAD) tiba-tiba menirun. Itulah yang harus dijelaskan oleh Bapenda,” ujar ketua DPRD kota Makassar tersebut.

“Soal mutasi SKPD itu harus, selama sudah melewati rekomendasi dari pihak KSN. Tapi kalau KSN bilang stabil, ya lanjut. Inikan menjadi rekomendasi kewenangan pak PJ untuk melakukan pembenahan organisasinya,” lanjutnya.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Aru tersebut mengatakan bahwa dalam buku rujukan Laporan Hasil Pemeriksaan oleh BPK, sektor penerimaan yang mengalami kelemahan telah menjadi catatan di lembaga eksekutif untuk diperbaiki.

BACA JUGA :  Pansus DPRD Makassar Minta Cafe yang Berdiri di Fasum Fasos Dibongkar

Menanggapi hal ini, Iqbal Suhaeb mengaku akan segera menindaklanjuti apa yang dimaksud oleh pihak DPRD kota Makassar.

“Kami harus laksanakan itu, karena sangat tidak elok kalau itu (penerimaan PAD) menurun terus,” ujarnya.

“Soal SKPD nanti kita akan lakukan evaluasi dan kita akan berikan target,” tutupnya.

spot_img

Headline

Populer