23 C
Makassar
Kamis, Mei 19, 2022
BerandaPolitikRelawan Dorong Anies Berpasangan dengan Mentri Jokowi di Pilpres

Relawan Dorong Anies Berpasangan dengan Mentri Jokowi di Pilpres

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Relawan pemenangan Anies Baswedan untuk Pilpres, Mileanies24 mendorong Anies berpasangan dengan salahsatu mentri Presiden Jokowi nantinya.

Tokoh dalam kebinet yang dimaksud adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Pasangan Anies-Sandi dipandang ideal untuk mengulang kesuksesan Pilkada DKI lalu di panggung Pilpres.

“Anies-Sandi adalah cerita berulang Pilgub DKI, Anies-Sandi terbukti sukses memenangkan Pilkada DKI yang jadi miniatur Indonesia, seiring sejalan tanpa konflik apapun hingga saat ini meskipun tak lagi berpasangan.” kata Ketua Umum Jaringan Nasional Mileanies24, Muhammad Ramli Rahim melalui pres rilisnya, (14/1/2022).

Selain Sandi, tokoh yang juga tepat untuk menjadi pasangan Anies adalah Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa.

“Anies-Khofifah bisa merefresentasikan banyak hal. Anies tokoh Nasionalis yang dekat dengan kelompok Islam, jauh dari tindakan intoleran sangat cocok dengan Khofifah yang tokoh NU yang hampir seluruh hidupnya di NU. Kehadiran Khofifah juga mewakili kelompok perempuan yang sukses memimpin daerah yang sangat besar.” katanya.

Hal itu disampaikan Ramli Rahim sebagai tanggapan atas hasil riset lembaga survei Center for Indonesian Reform (CIR) dan Datasight Indonesia tentang bursa pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) pada Pilpres 2024.

Dalam surveinya, CIR dan Datasight Indonesia melakukan sejumlah simulasi pasangan capres-cawapres.

Dari hasil pengambilan sampel terhadap 1.200 responden yang dilakukan secara acak di 34 provinsi seluruh Indonesia itu menunjukkan, bahwa Anies-Khofifah menjadi pasangan capres dan cawapres yang memiliki tingkat keterpilihan tertinggi di banding pasangan lain

Dengan meraih elektabilitas 34,90 persen, pasangan kepala daerah ini unggul atas duet Prabowo-Puan yang membukukan dukungan 30,40 persen di urutan kedua. Sedangkan pasangan Airlangga-AHY hanya meraih ukungan sebesar 9,90 persen.

Simulasi kedua, CIR dan Datasight Indonesia memasangkan Anies Baswedan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga kader Partai Gerindra Sandiaga Uno berhadapan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diduetkan dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Dalam simulasi Pilpres 2024 hanya diikuti dua pasangan calon ini, maka duet Anies-Sandiaga yang keluar sebagai pemenang dengan tingkat dukungan sebesar 43,1 persen. Sedangkan pasangan Ganjar-Ridwan Kamil hanya berada di angka 36,6 persen.

Wawancara dilakukan pada 6-9 Januari 2022 melalui sambungan telepon. Jumlah sampel diambil sebanyak 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia. Adapun, margin of error dalam survei ini kurang lebih sebesar 3,0 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen

(*)

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3