29 C
Makassar
Tuesday, April 23, 2024
HomeMetropolisSering Dikritik Rizal Ramli, Sri Mulyani Justru Jadi Mentri Terbaik Dua Kali

Sering Dikritik Rizal Ramli, Sri Mulyani Justru Jadi Mentri Terbaik Dua Kali

Penulis(*)
- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COMSri Mulyani Indrawati meraih penghargaan dunia Menteri Keuangan terbaik di Asia Timur dan Pasifik tahun 2020 oleh Majalah Global Markets.

Penghargaan bergengsi yang dia torehkan ditengah hujan kritik terhadap kinerjanya oleh sejumlah tokoh di Indonesia. Ini merupakan penghargaan kedua yang dia raih setelah tahun 2018 juga mendapat penghargaan serupa.

Salah satu tokoh sekaligus ekonom senior yang sering mengkritik keras Sri Mulyani adalah Rizal Ramli. Rizal bahkan pernah menggelari Sri Mulyani sebagai Menkeu terbalik.

Beberapa hal yang pernah dikritik keras Rizal Ramli seperti kebijakan utang luar negeri.

“Wong Sri Mulyani Bisanya Rugikan Negara, Kok sok-sok Mau Nyelamatin BUMN Jiwasraya,” kata Rizal Ramli beberapa waktu lalu.

Diketahui, Anugerah Finance Minister of the Year East Asia Pacific itu diberikan kepada Sri Mulyani atas kinerjanya mempertahankan reputasi keuangan Indonesia di tengah kondisi yang lebih menantang dibandingkan saat ia kali pertama menjabat lebih dari 10 tahun lalu.

“Gelar ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dan kerja keras seluruh jajaran Kementerian Keuangan dalam menangani pandemi COVID-19 di Indonesia,” ujar Sri Mulyani dalam keterangannya, Senin (12/10/2020) dikutip dari Detikcom.

Menurut Majalah Global Markets, Sri Mulyani mendapatkan penghargaan tersebut atas prestasinya dalam menangani pandemi COVID-19 di Indonesia. Mereka menilai komitmen pemberian stimulus fiskal dalam bentuk perlindungan sosial, insentif perpajakan, penjaminan pinjaman, dan subsidi bagi sektor usaha yang terdampak paling besar layak diapresiasi.

Selain itu, keputusan untuk memperlebar defisit melebihi batas maksimum yang di tetapkan dalam undang-undang sebesar 3% dari PDB juga menjadi poin yang penting atas dipilihnya Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan terbaik.

“Penghargaan tersebut hendaknya menjadi pemicu perbaikan bagi pengelolaan fiskal. Sebab, tantangan Indonesia masih berat dan panjang ke depan. Raihan ini telah menandakan kita sudah on the right track,” pungkas Sri Mulyani.

(*)

spot_img

Headline

Populer

spot_img