24.1 C
Makassar
Senin, Agustus 8, 2022
BerandaOlahragaSerius Ingin Jadi Tuan Rumah Olimpiade, Indonesia Lakukan Kunjungan Resmi ke Markas...

Serius Ingin Jadi Tuan Rumah Olimpiade, Indonesia Lakukan Kunjungan Resmi ke Markas IOC

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Keseriusan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang tampanknya semakin nyata. Hal itu dibuktikan dengan kunjungan resmi wakil Indonesia ke markas Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Kunjungan Indonesia di negara markas olah raga dunia itu diwakili oleh wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, Rabu (15/5/2019) yang lalu.

Kehadiran JK di markas IOC usai dirinya menjadi pembicara pada Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2019, di Jenewa, Swiss. Setelahnya, Jusuf Kalla menyempatkan diri bertemu dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional, (IOC), Thomas Bach di Markas IOC, Laussane, Swiss.

BACA: Indonesia Buka Jalan Pencak Silat Menuju Olimpiade di Dengan Haag

Dalam pertemuan tersebut, JK kembali menyampaikan hasrat Indonesia masuk masuk kandidat tuan rumah pesta olahraga dunia 2032 mendatang. Keseriusan Indonesia semakin nyata setelah sebelumnya, (11/2/2019) lalu, Presiden RI, Joko Widodo telah menyerahkan surat resmi pencalonan kepada Thomas Bach.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Erick Thohir, yang juga turut hadir dalam kunjungan tersebut, menuturkan bahwa kunjunga tersebut menjadi follow up awal terkait surat resmi yang telah dimasukkan RI.

“Usai surat resmi, kali ini pemerintah Indonesia melalui Wapres Jusuf Kalla, melakukan kunjungan resmi ke IOC dan bertemu Thomas Bach untuk menyampaikan keinginan serius menjadi tuan rumah Olimpiade 2032,” ujar pemilik Persib Bandung tersebut.

BACA: Sukses Gelar Asian Games 2018, Indonesia Siap Tuan Rumah Olimpiade 2032

“Memang penentuan baru akan diputuskan dalam sidang IOC di tahun 2024. Setidaknya, kedatangan Wapres ini memperlihatkan betapa seriusnya kita ingin menjadi tuan rumah Olimpiade setelah sukses di Asian GAmes 2018 lalu,” lanjut Erick di Laussane.

Lebih lanjut Erick mengatakan, setelah pelaksanaan Asian Games 2018, Indonesia mulai mendapat respon positif serta pujian dari berbagai negara. Selain itu, pamor Indonesia juga terus meningkat di kancah internasional.

BACA JUGA :  Kebijakan Pajak Trump Jadi "gempa" ekonomi Indonesia

“Dalam pertemuan dengan Thomas Bach, Indonesia melalui JK menyampaikan bahwa pengajuan Indonesia sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032, merupakan kesempatan baik untuk menunjukkan kemampuan ekonomi Indonesia sebagai negara berpenduduk terbesar ke-4 di dunia dan juga anggota G-20 dengan status sebagai negara besar yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang stabil.”

“Thomas Bach, tadi juga menyampaikan bahwa Indonesia sebuah negara besar yang telah menunjukkan semangat olimpisme, persahabatan melalui semangat Bhineka Tunggal Ika dan dengan perkembangan ekonomi yang terus meningkat, sangat pantas menjadi kandidat tuan rumah Olimpiade 2032,” lanjut eks Presiden Inter Milan.

Selain JK dan Erick Thohir, kunjungan tersebut turut dihadiri pula oleh Menko PMK, Puan Maharani dan Duta Besar Republik Indonesia Swiss, Muliaman D Hadad.

Penulis : Widyawan Setiadi

spot_img

Headline