27 C
Makassar
Senin, Agustus 15, 2022
BerandaPolitikFadli Zon Sebut Kecurangan Pileg dan Pilpres Beda

Fadli Zon Sebut Kecurangan Pileg dan Pilpres Beda

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Sikap berbeda diperlihatkan Partai Gerindra terhadap hasil Pemilu 2019.

Partai Gerindra menolak hasil Pilpres, tapi tetap menerima hasil Pemilihan Legislatif (Pileg). Padahal dua perhelatan ini diselenggatakan diwaktu sama dan penyelenggara pemilu yang sama.

“Pilpres dan pileg itu beda. Pilpres yang ngurus BPN. Mereka yang ngurus dari berbagai komite dari berbagai parpol. Kalau pileg urusan partai. Beda banget,” kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (17/5/2019) dikutip Detikcom.

BACA: Hasil Pilpres 2019, Fadli Zon: Prabowo-Sandi Tidak akan Lapor ke MK

Meskipun demikian, Fadli sendiri mengakui juga adanya kecurangan di Pileg. Hanya saja penanganan kecurangan antara Pileg dan Pilpres disebut bedam

“Di pileg ada kecurangan juga. Tetapi penanganannya beda dengan pilpres. Kalau pileg ada kompetisi antar-partai peserta pemilu dan internal. Ada yang menggelembungkan suara, ada yang memindahkan suara, macam-macam,” ujar Fadli, yang juga Wakil Ketua DPR.

“Beda dengan pilpres. Jadi ibarat kompetisi horizontal dan vertikal,” imbuh Fadli.

BACA: Honorer Kemensos di Sulsel Ditangkap Karena Ajak ‘People Power’

Ia pun menampik Gerindra tak menolak hasil pileg karena berhasil meraup banyak suara. Berdasarkan hasil hitung cepat, diketahui Gerindra menempati posisi 5 besar sebagai partai dengan raihan suara terbanyak.

“Saya rasa nggak dong. Nggak. Kalau di dapilnya nggak ada pileg gimana? Dan saya rasa tuntutan kepada pilpres menolak ini bukan tuntutan final. Kan belum. Menolak kecurangan. Artinya kita masih ingin lawan kecurangan itu,” kata dia.

Diketahui, Fadli pada Pemilu 2019 kembali lolos ke DPR via Dapil Jabar V. Dia bahkan berpotensi kembali menjadi salahsatu pimpinan DPR RI.

(*)
BACA JUGA :  Jokowi Bicara Pilpres, Rizal Ramli: Omong Kosong
spot_img

Headline