25 C
Makassar
Jumat, Januari 21, 2022
BerandaMetropolisSoal Parkir Liar, Dishub Makassar Bakal Jalin Sinergitas Dengan PD Parkir

Soal Parkir Liar, Dishub Makassar Bakal Jalin Sinergitas Dengan PD Parkir

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah kota Makassar melalui DInas Perhubungan (DISHUB) kota Makassar akan memerangi parkir liar yang terjadi hampir di seluruh ruas jalan yang ada di kota Makassar.

Upaya ini akan dilakukan dengan menjalin sinergitas yang baik kepada pihak ketiga yang mengelola perparkiran di kota Makassar, PD Parkir. Diketahui PD Parkir saat ini berstatus Perseroda dan diberi kewenangan oleh pemerintah kota Makassar untuk enangani parkir yang ada di kota Makassar.

Meski begitu, tidak bisa dipungkiri bahwa di beberapa titik ruas jalan protokol masih di dominasi oleh parkir liar, seperti di jalan Boulevard, jalan Pengayoman, jalan Somba Opu, dan beberapa alan protokol lainnya.

Dengan begitu, kepala Dinas Perrhubungan kota Makassar, Muhamad Mario Said, mengatakan bahwa pihaknya akan memanggil PD Parkir untuk duduk bersama dan menyatukan persepsi untuk mengatasi parkir liar di kota Makassar.

“Ya kita berharap memang ada sinergitas yang baik antara PD Parkir dan Dinas Perubungan. Dimana yang mengatur perparkiran itu adalah PD Parkir. Dia yang menempatkan jukirnya. Kita berharap pihak PD Parkir juga selalu memberikan ini kepada jukir agar melakukan perparkiran sesuai dengan aturan,” ujarnya saat ditemui reporter Sulselekspres.com di kantor Dinas Perhubungan kota Makassar.

“Ya makanya kita coba nanti, setelah kita rampungkan semua administrasi, kita akan memanggil pihak PD Parkir untuk menyatukan persepsi kita, komitmen kita, bahwa di jalur-jalur tertentu, di jalan-jalan ini, kita kita melakukan pengaturan parkir,” ujar Mario.

Terkait pengaturan parkir sendiri, Mario Said mengatakan bahwa hal itu nantinya akan diatur secara bersama, bagaimana posisi parkir dan lokasi parkir yang bisa diterapkan, agar tidak terjadi lagi kemacetan panjang.

BACA JUGA :  Sistem TPE Dianggap Merugikan Juru Parkir, Bayar Setoran Hingga Rp300 Ribu Perhari

“Apakah itu parkirnya serong 30 derajat, apakah 45 derajat, apakah dia nol derajat atau lurus. Tergantung dari situasi jalannya, lebar jalan yang ada di situ.”

“Sehingga ini yang akan kita bahasakan kepada PD Parkir nanti, supaya PD Parkir juga memberikan penekanan kepada jukirnya, jangan asal memarkir kendaraan saja kemudian mengambil biaya parkir, tapi tolong kendaraannya diatur secara baik,” beber Mario.

Lebih lanjut pria yang dikenal supel tersebut meminta agar PD Parkir benar-benar memperhatikan juru parkirnya. Ia berharap juru parkir diedukasi dengan baik agar bisa menjalankan tugasnya dengan benar.

“Silakan anda berparkir kalau masih memungkinkan berparkir, silakan, tapi tolong diatur secara baik. Supaya estetika kota bisa terlihat lebih bagus dan tidak juga mengganggu arus lalu lintas yang ada di jalan tersebut,” harapnya.

Sementara terkait sanksi yang bakal diberikan kepada pelaku parkir liar, pihak Dinas Perhubungan kota Makassar sempat mengalami beberapa kendala. Sebab setelah dilakukan penertiban di lokasi tertentu, keesokan harinya aktivitas parkir liar kembali terjadi.

BACA: Sistem TPE Dianggap Merugikan Juru Parkir, Bayar Setoran Hingga Rp300 Ribu Perhari

Maka pihak Dishub juga menghimbau kepada masyarakat agar pro aktif dalam memerangi parkir liar demi kenyamanan bersama. Selain itu peran masyarakat juga bisa mengurai kemacetan yang terjadi di rua-ruas jalan tertentu.

“Saya kira itu (sanksi) juga tetap kita lakukan, tapi ya begitu. Kita sudah tertibkan, kembali lagi, tertibkan lagi terus kembali lagi. Nah itu nanti kita coba undang PD Parkir, ayo kita duduk sama-sama, begini loh aturan mainnya.”

“Jadi mari kita sama-sama komitmen, karena sekalipun kita tertibkan lalu besok muncul lagi, tertibkan lagi muncul lagi. Jadi kita harap juga partisipasi masyarakat lah, kesadaran masyarakat.”

BACA JUGA :  Jelang Tahun Baru, Legislator Nasir Rurung Minta Pengawasan Minol Ditingkatkan

“Jadi tidak perlu kita selalu memberikan tindakan, karena anda kan tahu, apalagi kalau sudah ada rambu-rambu parkir, jadi tolong ditaati. Kalau jelas mi di situ dilarang parkir, ya jangan parkir,” tegas Mario.

BACA JUGA

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6