28 C
Makassar
Sabtu, Januari 22, 2022
BerandaMetropolisSuka Duka Pasien Gangguan Jiwa Hadapi Covid-19

Suka Duka Pasien Gangguan Jiwa Hadapi Covid-19

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Direktur Rumah Sakit Dadi Makassar, Arman Bausat, mengungkapkan suka duka para pasien gangguan jiwa dalam menghadapi Covid-19 yang hampir 1 tahun ini berdampak dalam kehidupan manusia.

“Jadi pasien gangguan jiwa yang Covid-19 di awal Desember itu banyak, pasien kami yang gangguan jiwa mengalami Covid-19. Tapi rata-rata itu mereka OTG (Orang Tanpa Gejala),” kata Arman,  di Rumah Sakit Dadi Makassar,  Kamis,  (28/1/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Covid-19 berkembang kalau orang dalam kondisi stres. Sedangkan pasien gangguan jiwa itu tidak memiliki beban pikiran sama sekali, makanya rata-rata masuk kategori OTG.

Arman menegaskan bahwa adanya yang tertular Covid-19 pada pasiennya ketika mulai menerima pasien baru yang masuk pada November 2020 lalu. Itulah kemudian yang membuat penyebaran Covid-19 di ruang perawatan.

“Alhamdulillah sekarang laporannya kemarin tinggal 3 orang mami. Pernah sampai 91. Di awal-awal Covid-19,  di April sampai Oktober,  tidak ada pasien saya yang Covid. Karena kita tidak mau terima pasien masuk,”ujar Arman.

“Pas di November kita mulai buka,  menerima pasien jiwa dari daerah itumi yang bawa penyakit. Ternyata ada pasien jiwa Covid-19 dan kita susah deteksi. Jadi menyebarmi semua,” lanjutnya.

Menurutnya, beberapa kendala dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 pada pasien gangguan jiwa karena mereka tidak mengerti apa-apa. Apalagi penerapan protokol kesehatan menurut Arman itu mustahil.

“Bagaimana orang gangguan jiwa dia tidak tahu,  disuruh physical distancing mustahil. Disuruh cuci tangan mustahil. Disuruh pakai masker mustahil,” bebernya.

Selain itu, Arman katakan bahwa selama ini penanganan pasien gangguan jiwa yang terdeteksi Covid-19, disiapkan ruangan khusus. Karena aturan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) tidak berlaku di RS bagi orang yang OTG.

BACA JUGA :  Gandeng 50 Perusahaan, Job Fair Disnaker Makassar Diserbu Ribuan Pelamar

“Tapi alhamdulillah OTG semua. Jadi isman (isolasi mandiri)  ji semua ditempatnya. Karena mau di isman di hotel mustahil juga. Dia ganggu mi pasien,” imbuhnya.

BACA JUGA

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6