27 C
Makassar
Minggu, Juli 3, 2022
BerandaRagamSulsel Ekspres Dapat Bantuan Hibah GNI JERF

Sulsel Ekspres Dapat Bantuan Hibah GNI JERF

- Advertisement -

MAKASSAR – Media online lokal Sulselekspres mendapat bantuan hibah dari Google News Initiative (GNI) yang mengucurkan dana melalui program Journalism Emergency Relief Fund (JERF).

Hibah ini ditujukan untuk media lokal di seluruh dunia untuk membantu pada masa krisis pandemi Covid-19. Adapun Sulselekspres masuk sebagai calon penerima setelah melalui proses panjang dan cukup ketat.

Dari sekian proposal yang dikirimkan dari berbagai negara, tim GNI melakukan review berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan. Dimana media yang beroperasi di wilayahnya sendiri (lokal), menyasar pembaca di kelompok geografis tertentu, serta bertekad meneruskan kerja mereka lewat pendanaan ini.

Pihak penyeleksi juga disebut melibatkan lebih dari 300 Googlers –istilah bagi karyawan Google– untuk ikut memeriksa pendaftaran, serta menggelar belasan webinar dalam prosesnya.

Ludovic Blecher, Head of Google News Initiative Innovation dikutip dari keterangan tertulis menyebutkan kalau calon penerima terbanyak ada di kawasan Amerika Utara dengan lebih dari 1.800 media (dari 3.050 lebih pendaftar), kawasan Eropa, Timur Tengah dan Afrika lebih dari 1.550 media (4.700 lebih pendaftar), kawasan Amerika Latin dengan lebih dari 1.050 media (lebih dari 2.350 pendaftar).

Indonesia sendiri ada sekitar 800 media yang menjadi calon penerima dari 2.000 lebih media yang mendaftarkan diri.

Disebutkan bahwa besaran dana yang bakal dikucurkan ke masing-masing media bervariasi, mulai dari 5.000 dolar AS hingga 30.000 dolar AS.

(*)

BACA JUGA :  Awas! Bupati Gowa Pastikan Tindak Tegas Penambang Liar
spot_img
spot_img

Headline