Taufan Pawe Pimpinan Upacara Hari Pahlawan

Suasana upacara Hari Pahlawan Nasional, yang dipimpin Wali Kota Parepare di Halaman Kantor Wali Kota Parepare, Jumat (10/11/2017)/IST

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare menggelar upacara gabungan, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional (HPN), di Halaman Kantor Wali Kota Parepare, Jum’at (10/11/2017).

Upacara dipimpin Wali Kota Parepare Taufan Pawe, dan dihadiri segenap Anggota DPRD Parepare, TNI-Polri, Tim Penggerak PKK Parepare, maupun Aparatur Negeri Sipil (ASN) dalam lingkup Pemkot Parepare. HPN mengusung tema perkokoh persatuan membangun negeri.

Saat membacakan amanat Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa, Taufan mengajak untuk mengenang jasa-jasa dan perjuangan para pendahulu, pahlawan perintis kemerdekaan, dan para pendiri negara Republik Indonesia. Selain itu, kata dia, juga sebagai penghormatan kepada para pejuang yang telah memberikan pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan.

“Sehingga, saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain bangsa, yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur,” katanya.

Taufan mengemukakan, pada dasarnya setiap bangsa menyadari bahwa, semua mewarisi konsepsi, etos, niat dan tindak perilaku kepahlawanan yang tinggi dan luar biasa. Sehingga, lanjut dia, inilah
saatnya bangsa Indonesia menuntaskan perjuangan membangun bangsa, dengan sikap mental yang positif, dan konstruktif.

“Yaitu membangun sebuah bangsa yang merdeka, maju, bersatu, berdaulat dan terbuka. Hanya dengan revolusi mental yang positif, optimis dan sadar riwayat kita sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, dan terbuka kita menyelami tantangan dan persoalan yang kita hadapi bersama. Dengan semangat persatuan di dalam kesetaraan seluruh anak bangsa,
tanpa diskriminasi,” paparnya.

Pada akhir sambutan, Taufan mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini, “Selamat hari Pahlawan Tahun 2017,” tandasnya.

BACA JUGA :  Pemkot Gelar Konsultasi Publik Terakait Rancangan Awal RKPD 2021