23 C
Makassar
Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaNasionalTermasuk Netralitas ASN, Besok BPN Laporkan 5 Kecurangan Pemilu ke Bawaslu

Termasuk Netralitas ASN, Besok BPN Laporkan 5 Kecurangan Pemilu ke Bawaslu

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Besok, pihak BPN Prabowo-Sandi bakal menyampaikan laporan evaluasi dan dugaan kecurangan saat pelaksanaan Pemilu 2019 ke Bawaslu. Sedikitnya ada 5 laporan yang telah disiapkan pihak BPN.

“Besok Direktorat advokasi BPN akan menyampaikan laporan yang telah disiapkan langsung ke Bawaslu sekitar jam 2 siang,” kata Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ferry Juliantono di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dilansir dari CNNIndonesia, Kamis (9/5/2019).

Lima laporan ini sebut dia, telah disiapkan dan dikumpulkan BPN sejak awal masa dimulainya Pemilu serentak ini. Hal pertama, kata Ferry, menyangkut dugaan pelanggaran penggunaan institusi negara untuk kepentingan Pilpres oleh salah satu pihak.

“Evaluasi tersebut yang pertama adalah kami berpendapat terjadi dugaan pelanggaran penggunaan institusi negara untuk kepentingan Pilpres ini,” kata Ferry.

Laporan kedua, pihak BPN mensinyalir telah terjadi pelanggaran sumber daya dan keuangan negara untuk kepentingan Pemilu. Catatan itu pun telah dikumpulkan dan akan diserahkan ke Bawaslu besok.

Untuk poin evaluasi ketiga yakni dugaan pelanggaran netralitas aparatur sipil negara (ASN) untuk kepentingan Pemilu yang digunakan oleh salah satu pihak.

Poin keempat yakni dugaan kecurangan dalam Pilpres dan Pileg yang dilakukan secara sistematis, masif, dan terstruktur.

“Nanti secara rinci akan disampaikan soal temuan kecurangan berkaitan dengan sistem perhitungan pada pemilu 2019 ini, baik Pilpres maupun pemilu legislatif ya,” kata dia.

Dan laporan terakhir, kata Ferry, pihaknya akan meminta dilakukan penyelidikan lebih jauh terhadap meninggalnya ratusan penyelenggara pemilu di seluruh Indonesia.

“Bahkan masih ada lebih dari 3000-an yang sekarang masih dirawat di rumah sakit. Kami mendorong penyelidikan lebih jauh, lebih lanjut. Kami juga rencananya minggu depan akan menyampaikan masalah ini kepada pihak-pihak yang berkompeten,” kata dia.

Penulis: Agus Mawan

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Headline