26 C
Makassar
Rabu, Juli 6, 2022
BerandaRagamTernyata Timun Bisa Kendalikan Kadar Diabetes

Ternyata Timun Bisa Kendalikan Kadar Diabetes

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Timun seringkali dijumpai pada lalapan, hidangan sampingan seperti nasi goreng, hingga dijadikan acar. Rutin mengonsumsinya disebut-sebut bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Hanya saja, belakangan ini ada anggapan yang menyebut timun bisa membantu mengendalikan kadar gula darah atau diabetes. Hal ini berarti, timun bisa membantu mencegah diabetes atau mengendalikan kondisi para pengidap diabetes.

Selain bisa menghidrasi tubuh, pakar kesehatan menyebut rutin makan timun ternyata juga bisa mengendalikan diabetes.

Fakta ini terungkap dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal yang terbit pada 1995 silam berjudul Journal of Ethnopharmacology.

BACA: Makan Timun Turunkan Tekanan Darah Secara Alami
BACA: Cara Memutihkan Ketiak Dengan Mentimun dan Kunyit

Dalam penelitian yang menggunakan hewan percobaan ini, disebutkan bahwa timun sangatlah efektif menurunkan sekaligus mengendalikan gula darah. Hal ini bisa mencegah komplikasi diabetes.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Plant Foods for Human Nutrition pada 2010 juga menghasilkan fakta bahwa tikus-tikus yang dikondisikan menderita diabetes mengalami perbaikan kondisi kesehatan, khususnya dalam hal terkendalinya kadar gula darah setelah diberi asupan timun secara rutin.

Selain karena kadar kalorinya yang rendah, timun juga termasuk dalam sayuran dengan kadar serat yang tinggi. Mengonsumsinya sebagai camilan atau lauk saat makan akan membantu kita mudah kenyang dalam waktu yang lama sehingga tidak tertarik untuk ngemil makanan atau minuman yang tidak sehat.

Hal inilah yang akhirnya bisa mencegah datangnya diabetes atau komplikasi dari penyakit ini.

BACA JUGA :  Waspada, Bentuk Tubuh Paling Rentan Terkena Diabetes
spot_img
spot_img

Headline