24.1 C
Makassar
Senin, Agustus 8, 2022
BerandaHukrimUbah Hasil Perhitungan Suara, Dua Anggota PPK di Gowa Diamankan Polisi

Ubah Hasil Perhitungan Suara, Dua Anggota PPK di Gowa Diamankan Polisi

- Advertisement -

GOWA, SULSELEKSPRES.COM – Satuan Reserse Kriminal Polres Gowa mengamankan dua oknum panitia pemilihan kecamatan (PPK) Pallangga. Keduanya diamankan lantaran diduga telah mengubah hasil perhitungan suara.

Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga, mengatakan bahwa keduanya diamankan lantaran nekat mengubah hasil perhitungan suara calon legislatif tertentu pada pemilu 2019 di tingkat kecamatan.

“Salah satu caleg menjanjikan hadiah uang ratusan juta rupiah kepada dua oknum PPK ini untuk itu (mengubah hasil perhitungan),” katanya, Rabu (15/5/2019).

BACA: Diduga Terlibat Manipulasi Suara, Lima Anggota PPK Dinonaktifkan

Dari tangan pelaku, polisi menyita barang bukti yang digunakan pelaku mengubah suara peserta pemilu seperti laptop, beberapa unit telepon seluler handpone milik kedua oknum PPK, serta lembar DAA1 hasil modifikasi kedua oknum PPK Pallangga.

Kedua oknum PKK tersebut diancam dengan pasal Pasal 5 jo Pasal 12 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Pihaknya juga saat ini terus berkordinasi dengan Bawaslu Gowa terkait kasus yang melibatkan dua oknum PPK itu.

BACA: Bagi TKN dan BPN di PPK Panakkukang, Bersaudara Lebih Utama Dari Segalanya

“Sebagian dana yang dijanjikan bahkan telah diberikan kepada kedua oknum PPK,” katanya.

Olehnya itu, Polres Gowa juga menjadwalkan untuk memanggil calon legislatif yang diduga telah menyuap kedua anggota PPK Kecamatan Pallangh tersebut untuk dimintai keterangan.

Penulis: M. Syawal

BACA JUGA :  Tim Irwasda Polda Sulsel Cek Randis Personil Polres Gowa
spot_img

Headline