31 C
Makassar
Minggu, September 25, 2022
BerandaHealthUrutan Skincare Routine untuk Pemilik Kulit Kombinasi

Urutan Skincare Routine untuk Pemilik Kulit Kombinasi

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Bagi kamu yang memiliki kulit kombinasi sebaiknya melakukan perawatan wajah sebanyak 2 kali sehari, yaitu pagi dan malam. Tujuannya, agar efek perawatan wajah menjadi lebih efektif dan optimal. Urutan skincare routine yang bisa kamu ikuti, yaitu:

Pagi

Pembersih wajah

Pembersih wajah sangat penting digunakan saat pagi ketika baru bangun karena dapat menghilangkan kotoran-kotoran yang menumpuk saat sedang tidur

Toner

Kamu dapat menggunakan toner untuk menghilangkan minyak yang sekiranya tidak terbawa pada saat cuci muka sebelumnya. Hal ini opsional tergantung dengan kebutuhan wajah. Usahakan selalu gunakan toner tanpa alkohol dan tidak digunakan pada area yang kering karena adanya efek eksfoliasi.

Pelembab atau Moisturizer

Penggunaan moisturizer merupakan bagian terpenting karena bertujuan untuk menghidrasi kulit dan meningkatkan efektivitas dari produk perawatan yang akan digunakan. Pada bagian berminyak, gunakan tipe moisturizer krim dan pada area kering, gunakan moisturizer yang water-based.

Sunscreen

Sebelum keluar untuk beraktivitas, gunakan sunscreen untuk melindungi dari risiko kerusakan kulit akibat sinar matahari dan UV. Disarankan untuk memakai sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi tergantung kebutuhan wajah.

Malam

Pembersih wajah

Setelah selesai beraktivitas seharian, tentu saja wajah akan tampak kusam dan kotor. Hal ini terjadi karena debu dan kotoran menumpuk pada wajah. Gunakan pembersih wajah dengan tipe gel atau busa untuk menghilangkan minyak dan mengangkat kotoran dari wajah.

Eksfoliasi

Setiap satu minggu sekali, hendaknya kamu melakukan eksfoliasi pada kulit untuk mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan kotoran-kotoran yang tersumbat pada pori-pori. Hal ini juga dapat merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru sehingga wajah tampak lebih bersih dan berseri.

Serum

Kamu dapat menggunakan berbagai macam serum untuk segala jenis kulit. Namun, salah satu serum yang direkomendasikan adalah yang mengandung retinoid karena dapat membantu pergantian sel kulit dan mencegah pori-pori tersumbat. Selain itu, serum dengan kandungan asam hyaluronic dapat membantu kulit mempertahankan kelembaban tanpa membuatnya berminyak.

Pelembab atau Moisturizer

Pada saat malam, kamu dapat menggunakan moisturizer yang ringan atau water-based dan krim untuk mengatasi area berminyak dan kering. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan krim malam selama tidur.

Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline