31 C
Makassar
Senin, Maret 4, 2024
BerandaHeadlineViral Caleg Bagi-bagi Uang di Makassar, Sadap: Saya Bersedakah

Viral Caleg Bagi-bagi Uang di Makassar, Sadap: Saya Bersedakah

- Advertisement -
- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Beredar video kader Demokrat yang mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPR RI untuk daerah pemilihan Sulawesi Selatan 1 Syarifuddin Daeng Punna (Sadap) membagikan uang di Pantai Losari Makassar. Sadap berdalih bagi-bagi uang itu sekadar sedekah bukan dalam rangka berkampanye.

“Yang menilai bahwa itu pelanggaran kan belum tentu tahu, cuma kulitnya saja. Itu saya bersedekah dan itu selalu saya lakukan,” ujar Sadap kepada wartawan, Senin (5/2/2024).

Bahkan, Sadap mengaku menyampaikan kepada warga agar menghindari politik uang atau money politics. Pada saat bagi-bagi uang tersebut, Sadap juga mengaku tidak membawa alat peraga kampanye (APK).

“Saya tidak membawa alat peraga kampanye (apk) dan saya juga tidak sampaikan bahwa pilih saya. Saya sampaikan bahwa ingat, kalian jangan mau dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, hindari money politik karena itu dosa besar,” beber Sadap.

Dia membeberkan telah memberi tahu warga yang menerima uang tersebut bahwa kegiatan ini sekadar sedekah. Bukan dibagi karena butuh suara di pileg.

“Kalau ini uang yang saya kasih ke kamu adalah bagian dari sedekah, bukan karena saya caleg. Saya sampaikan jangan pilih saya kalau kau anggap ini money politik, kalian harus bersumpah karena tidak seperti itu (money politics),” jelasnya.

Dia mengaku sengaja membagi uang pada saat tengah malam agar bisa menyasar pengamen di jalanan. Meski masyarakat kurang mampu, tetap harus cerdas memilih sosok wakil rakyat dengan melihat rekam jejaknya.

“Soal caleg, kalian harus cerdas melihat sosok yang harus kamu dukung, kenal kepribadiannya, kenal keluarganya, kenal hubungan sosialnya, apa-apa saja yang pernah dilakukan (track record),” kata Sadap menirukan perkataannya kepada warga tersebut.

“Kalau dengan uang ini kalian menganggap bahwa saya harus dipilih, jangan kau pilih saya dan saya tidak akan kasih kalian uang,” tambah Sadap.

Sadap juga mempersilakan jika ada pihak yang ingin melaporkannya ke Bawaslu. Sadap mengaku siap memberi keterangan jika dibutuhkan.

“Bukan (money politics) dan itu ada rekamannya. Kalau memang ada yang mau melapor, silahkan. Malah saya dukung. Silahkan melapor, kan mereka tidak tahu jalan ceritanya,” jelasnya.

Sadap mengaku uang yang dibagikan pada saat itu mencapai Rp 100 juta. Uang itu disimpan dalam dus kemasan air mineral.

“Kan saya keliling, cari orang-orang yang betul-betul membutuhkan, bukan satu titik saja, ada beberapa titik saya datangi Iya, ada (Rp 100 juta),” bebernya.

Tampak dalam video beredar, Sadap datang ke Pantai Losari dengan menggunakan mobil warna putih. Warga seketika bersorak menyebut nama Sadap sambil melompat-lompat.

Sadap tampak menggunakan jaket dengan foto calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka. Dia langsung menyalami setiap orang di lokasi tersebut.

Dalam keterangan video beredar tertulis Sosialisasi Sadap Caleg DPR RI Demokrat Dapil Sulsel 1 DPR RI, Sabtu (3/2/2024). Di video lainnya juga menyertakan Sadap Ketua Relawan Laskar Prabowo 08 & Gibran Center. Sebelum bagi-bagi uang, Sadap tampak mengumpulkan warga dengan rapi agar semua kebagian.

“Pasti anggappa ko (pasti semua dapat),” ujar Sadap dalam video saat berusaha menenangkan warga.

spot_img

Headline

Populer