26 C
Makassar
Rabu, Mei 25, 2022
BerandaRagamWaspada! Tingkat Kebakaran Diprediksi Meningkat Sampai Desember

Waspada! Tingkat Kebakaran Diprediksi Meningkat Sampai Desember

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Pemadam Kebakaran (Damkar) kota Makassar, Elodewata, meminta kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman kebakaran.

Menurutnya, bulan September hingga Desember mendatang, tingkat kasus kebakaran bisa meningkat hingga tiga kali lipat dari bulan-bulan sebelumnya.

Hal ini berangkat dari pengalaman yang pernah terjadi, juga berdasarkan imbauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang sudah memberikan warning.

“Biasanya, mulai September sampai Desember tingkat kasus kebakaran bisa meningkat sampai tiga kali lipat,” ujar Elo saat mengisi acara Coffee Moorning Pemkot Makassar, di Shox Coffee, jalan Singa, Selasa (1/9/2020).

Lebih lanjut Elo mengatakan, sejak bulan Januari sampai pada (1/9/2020) ini, ada 88 kasus kebakaran yang terjadi di kota Makassar. Dari jumlah tersebut, 55 diantaranya disebabkan oleh arus pendek listrik.

Sementara sisanya dipengaruhi oleh banyak hal lain, seperti pembakaran sampah liar, puntung rokok, ledakan gas LPG, sampai dengan lilin.

Selain itu, kebakaran juga banyak terjadi di rumah hunian. Sementara pasar dan alang-alang juga turut menghiasi maraknya kasus kebakaran yang terjadi di kota Makassar.

Dari semua kebakaran tersebut, ditaksir setidaknya menelan 12 miliar rupiah kerugian materi, dengan kasus kerugian terbesar di Pasar Senggol dan Panampu, yang masing-masing menelan kerugian materi 1 miliar rupiah.

Dengan begitu, Elodewata meminta warga tetap memperhatikan berbagai kemungkinan yang bisa menjadi penyebab terjadinya kebakaran, khususnya di daerah yang masuk zona merah.

Sejauh ini, menurut Elodewata, wilayah yang dijadikan sebagai area rawan kebakaran merupakan wilayah Utara Makassar, seperti kecamatan Tallo, Bontoala, dan kecamatan Wajo.

Selain Elo, pihak Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia (AKLI) Sulawesi Selatan juga turut mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan daya listrik dan seluruh elemen yang bisa memicu terjadinya arus pendek listrik.

BACA JUGA :  TNI dan Polri Kompak Hadiri Peringatan Hari Kedisplinan Pemkot Makassar

Dengan begitu, ketua AKLI Sulsel, Budiman, meminta masyarakat untuk mengadu ke pihaknya, supaya pengecekan instalasi listrik bisa dilakukan dengan maksimal.

“Kami minta masyarakat hubungi kami untuk melakukan pemeriksaan instalasi listrik, dan itu diberikan secara gratis,” ujar Budiman.

Jika sekiranya ada musibah kebakaran yang terjadi lagi, maka masyarakat diminta segera menghubungi markas komando pemadam kebakaran (Mako Damkar) melalui saluran panggilan di nomor 112 atau 854444, agar pihak Damkar bisa segera melakukan tindakan.

“Kalau ada kejadian, langsung hubungi 112 atau 854444. Kami akan langsung turun, tidak perduli itu laporan hoax atau benar,” tegas Elodewata.

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3