26 C
Makassar
Minggu, November 27, 2022
BerandaDaerah10 Pejabat Pemkot Parepere Ikuti Job Fit Jabatan Eselon IIB

10 Pejabat Pemkot Parepere Ikuti Job Fit Jabatan Eselon IIB

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Kota Parepare melakukan uji kesesuaian kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (eselon IIB) atau job fit di lingkungan Pemkot Parepare.

Job fit digelar di Hotel Novotel Grand Shayla, Makassar, Rabu (2/11/2022).

Job fit akan diikuti oleh 10 pejabat eselon IIB Pemkot Parepare. Berdasarkan surat perintah tugas mengikuti uji kesesuaian kompetensi jabatan eselon IIB yang ditandatangani Sekda Kota Parepare, Iwan Asaad atas nama Wali Kota Parepare, 10 pejabat itu adalah Inspektur Kota, Muhammad Husni Syam, Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, Abdul Latif, Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Anggraeni Sari.

Kemudian Kepala Bappeda, Samsuddin Taha, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Amarun Agung Hamka, Asisten II, Suriani, Kepala Dinas Perhubungan, HM Iskandar Nusu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Halwatiah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Arifuddin Idris, dan Sekretaris DPRD, Jumadi M.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Parepare, Adriani Idrus membenarkan ada 10 pejabat eselon IIB yang akan mengikuti job fit.

Job fit atau yang juga biasa disebut dengan person-job fit, adalah cara untuk menilai kecocokan karakteristik kandidat dengan suatu posisi di organisasi melalui kepribadian, soft skills, pengalaman, dan nilai-nilai (values) yang mereka miliki dalam bekerja.

“Job fit ini untuk menilai apakah pejabat bersangkutan sudah cocok di SKPD yang dipimpinnya saat ini atau cocoknya di SKPD lain. Jadi bisa saja misalnya dia Kadis A, tapi setelah job fit dia cocoknya di Kadis B, begitu juga sebaliknya. Yang ikut job fit ini semua eselon II yang sudah menjabat minimal satu tahun,” ungkap Adriani.

BACA JUGA :  Taufan Pawe Amanahkan Amarun Agung Hamka Sebagai Plt Kadiskominfo

Adriani mengemukakan, jabatan lowong yang sudah terisi berdasarkan hasil job fit ini, tidak lagi dilakukan seleksi terbuka untuk jabatan tersebut. Namun jika ada jabatan dinilai belum ada pejabat yang cocok setelah melalui job fit, baru dilakukan seleksi terbuka untuk pengisiannya.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe sebelumnya sudah meminta BKPSDMD Parepare untuk segera melakukan job fit. Dia meminta segera bentuk tim seleksi untuk pengisian tujuh jabatan yang lowong dan akan lowong. Tujuh jabatan itu rencananya diisi melalui job fit pejabat eselon II maupun seleksi terbuka atau lelang jabatan.

“Ada tujuh jabatan pratama mau dilelang. Satpol PP, Dinas Ketahanan Pangan, Asisten I, Kesbangpol, Dinas Perpustakaan, Dinas P3A, dan lainnya,” kata Taufan, belum lama ini.

Melalui job fit ini, Taufan meneropong melihat kapasitas dan kemampuan pejabat eselon II di lingkup Pemkot Parepare.

“Ini terkait kepuasan Wali Kota terhadap kinerja pejabat Eselon II. Dan kalau kita punya SDM lokal, kenapa harus ambil dari luar daerah,” tandasnya.

spot_img

Headline

Populer