25 C
Makassar
Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaHealth3 Pola Hidup Sehat Bagi Pengidap Infeksi Ginjal

3 Pola Hidup Sehat Bagi Pengidap Infeksi Ginjal

- Advertisement -

 

SULSELEKSPRES.COM – Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang perlu dijaga kesehatannya. Salah satu gangguan yang dapat terjadi adalah infeksi. Saat seseorang mengalami penyakit ini, penanganan segera harus dilakukan agar sesuatu yang berbahaya dapat dicegah. Selain pengobatan segera, pengidapnya juga perlu menerapkan pola hidup sehat agar infeksi ginjal lebih cepat sembuh. Nah, berikut pola hidup sehat yang perlu dilakukan!

Atasi Infeksi Ginjal dengan Penerapan Pola Hidup Sehat
Ginjal adalah organ seukuran kepalan tangan yang berada di bagian bawah tubuh. Organ ini memiliki beberapa fungsi yang penting untuk menjaga kesehatan, seperti menyaring produk limbah, kelebihan air, dan membuang kotoran dari darah. Semua limbah tersebut disimpan di kandung kemih dan kemudian dikeluarkan melalui urine.

Meski begitu, organ ini rentan untuk mengalami beberapa gangguan, termasuk juga infeksi ginjal. Seseorang yang terserang penyakit ini dapat mengalami gejala, seperti terdapat darah atau nanah pada urine. Jika dibiarkan, beberapa komplikasi seperti abses ginjal, sepsis, dan gagal ginjal mungkin saja terjadi.

Meski begitu, infeksi pada ginjal dapat diatasi dengan penerapan pola hidup sehat. Namun, pola hidup sehat apa saja yang perlu dilakukan? Berikut jawabannya:

1. Tetap Aktif Secara Fisik

Salah satu pola hidup sehat yang perlu dilakukan agar infeksi ginjal cepat sembuh adalah dengan tetap aktif secara fisik. Kamu bisa melakukan olahraga secara teratur untuk mengatasi gangguan infeksi tersebut dan menurunkan risiko terjadinya penyakit ginjal kronis. Bukan hanya ginjal, kamu juga mampu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung, yang tentu saja keduanya berhubungan erat dengan kesehatan ginjal.

2. Rutin Mengonsumsi Air Putih

Pola hidup sehat lainnya untuk atasi infeksi ginjal adalah dengan rutin mengonsumsi air putih. Pastikan kamu mengonsumsi hingga delapan gelas per harinya (1,5 – 2 liter). Selain itu, jumlah cairan yang dikonsumsi juga bisa lebih banyak apabila cuaca sedang panas dan aktivitas yang dilakukan padat. Meski begitu, jika dokter meminta kamu untuk membatasi konsumsi cairan karena adanya masalah kesehatan lain, ada baiknya tetap ikuti saran dari dokter pribadi kamu.

BACA JUGA :  Ketahui Tanda COVID-19 Sudah Menyebar di Paru-paru

Jika kamu mengalami beberapa gejala yang berhubungan dengan infeksi ginjal, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat
Mengonsumsi makanan yang tepat dan tentu saja sehat sangat penting untuk seseorang yang mengidap infeksi ginjal. Beberapa ahli menyarankan untuk mengurangi asupan natrium yang menyebabkan ginjal tidak bekerja dengan maksimal saat menumpuk di dalam tubuh. Hal ini juga dapat menyebabkan retensi cairan yang menyebabkan pembengkakan di kaki dan peningkatan pada tekanan darah.

Bukan hanya infeksi ginjal, kamu berisiko mengalami masalah yang lebih besar, seperti diabetes, penyakit jantung, dan gagal ginjal. Pastikan untuk menghindari sodium, daging olahan, dan makanan lainnya yang dapat merusak atau membuat penyakit pada ginjal sulit untuk sembuh.

Oleh sebab itu, konsumsilah makanan sehat dan bergizi seimbang, untuk menurunkan risiko terjadinya gangguan pada ginjal, terlebih pada seseorang yang mengalami obesitas.

Sumber: halodoc.com

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.230,8
EUR
16.574,3
JPY
125,3
KRW
12,1
MYR
3.428,8
SGD
10.556,7