32 C
Makassar
Jumat, Mei 20, 2022
BerandaRagam4 Makanan Bisa Cegah Dampak Buruk Polusi Udara

4 Makanan Bisa Cegah Dampak Buruk Polusi Udara

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Pakar kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh agar dapat mencegah dampak buruk polusi udara.

Berikut beberapa makanan yang dapat dikonsumsi agar tubuh kuat dari polusi udara;

Sayur Bayam

Bayam dikenal luas sebagai sayuran yang tinggi kandungan beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang bisa membantu meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh. Pakar kesehatan dr. Rupali Datta yang berasal dari New Delhi, India juga menyebut bayam tinggi kandungan magnesium yang bisa membantu memberikan perlindungan bagi paru-paru dan sistem pernapasan dari dampak buruk polusi udara.

BACA: Kena Flu? Konsumsi Sayuran Ini Agar Cepat Sembuh

Kandungan antioksidan di dalam bayam juga akan membantu tubuh melawan paparan buruk polusi udara. Meningkatkan sistem pernapasan, dan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Tomat

Kandungan di dalam tomat seperti beta karoten, likopen, serta vitamin C akan membantu melawan peradangan di dalam saluran pernapasan yang bisa dipicu oleh paparan polusi udara. Likopen yang termasuk dalam antioksidan juga akan membantu melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sementara itu, kandungan beta karoten ternyata juga tidak hanya baik bagi kesehatan mata, melainkan juga bisa menyehatkan kondisi paru-paru dengan signifikan.

Alpukat

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di King’s College, London, dihasilkan fakta bahwa rutin mengonsumsi alpukat bisa melawan paparan buruk polusi udara.

Kunyit

Senyawa kurkumin yang ada di dalam kunyit ternyata bisa menurunkan risiko terkena penyakit pernapasan. Hal ini disebabkan oleh sifat senyawa ini yang bisa memberikan perlindungan pada paru-paru dan mencegah dampak beracun dari polusi udara.

Selain bisa dikonsumsi bersama dengan susu hangat, kunyit juga bisa dijadikan bumbu makanan yang kita konsumsi setiap hari.

BACA JUGA :  Pengadilan Putuskan Jokowi Hingga Anies Bersalah soal Gugatan Polusi Udara
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3