22 C
Makassar
Thursday, June 20, 2024
HomeHealth5 Bahaya Buka Puasa dengan Es yang Perlu Diketahui

5 Bahaya Buka Puasa dengan Es yang Perlu Diketahui

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Kondisi lambung yang kosong selama menjalani puasa, memang butuh perhatian dalam asupan makanan dan minuman.

Seperti sudah menjadi kultur tersendiri, masyarakat Indonesia perlu menyiapkan minuman es saat berbuka. Namun, tidak banyak orang yang tahu jika ada bahaya yang timbul saat berbuka puasa dengan es. Kebiasaan buruk ini dapat membuat perut menjadi kaget.

Disebutkan jika bahaya buka puasa dengan es adalah dapat membuat kinerja lambung melambat. Sebab, air dingin yang masuk ke tubuh, suhunya perlu disesuaikan terlebih dahulu. Perlu diketahui juga jika air dingin yang masuk ke lambung dalam keadaan kosong dapat memicu kontraksi atau kaget.

Bukan hanya itu, ada beberapa bahaya lainnya yang dapat terjadi jika kebiasaan ini terus dilakukan, dilansir dari halodoc.com:

1. Kinerja Lambung Melambat

Bukan hanya membuat kinerja lambung melambat, minuman dingin dapat membuat perut terasa kembung dan penuh. Hal ini dapat menyebabkan seseorang menjadi tidak memiliki nafsu makan. Maka dari itu, ada baiknya untuk berbuka puasa dengan air yang hangat ditemani dengan camilan manis yang menyehatkan, seperti kurma.

2. Menurunkan Suhu Tubuh

Saat berpuasa, suhu tubuh cenderung lebih rendah dibandingkan biasanya. Maka dari itu, mengonsumsi minuman dingin langsung saat berbuka dapat membuat suhu tubuh lebih rendah lagi. Bahaya buka puasa dengan es ini perlu benar-benar diperhatikan. Maka dari itu, ada baiknya berbuka dengan minuman hangat terlebih dahulu.

3. Berat Badan Naik

Seseorang yang ingin menjadikan bulan Ramadan momen yang tepat menurunkan berat badan sebaiknya tidak mengonsumsi es saat berbuka. Sebab, air dingin dapat membuat lemak di dalam darah membeku. Hal ini menyebabkan peredaran darah terganggu. Sehingga, proses pembakaran lemak menjadi sulit dilakukan dan alih-alih berat badan turun malah meningkat.

4. Menimbulkan Beberapa Penyakit

Diketahui juga jika salah satu bahaya buka puasa dengan es adalah dapat menimbulkan beberapa penyakit. Salah satu yang paling umum adalah sakit kepala atau migrain. Bahkan, konsumsi air dingin dapat menyebabkan sakit kepala lebih sakit dari biasanya. Bukan hanya itu, kebiasaan buruk ini juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan pilek.

5. Mengganggu Proses Pencernaan

Perlu diketahui juga jika air es dapat menyebabkan penyempitan pada usus, sehingga proses pencernaan terganggu. Saat usus menyempit, perut dapat menjadi lebih buncit. Selain itu, kebiasan ini juga dapat menyebabkan pengecilan pada pembuluh darah dan membuat perut tidak nyaman.

Maka dari itu, alangkah baiknya untuk berbuka puasa dengan teh hangat yang manis. Minuman ini dapat mengembalikan kadar gula darah yang hilang setelah seharian berpuasa. Cairan yang hangat juga dapat membuat pencernaan menjadi lebih nyaman. Dengan begitu, kamu bisa makan dengan nikmat tanpa alami gangguan.

Setelah berbuka puasa dengan teh hangat, hindari langsung makan berat. Cobalah konsumsi makanan ringan seperti kurma. Jika ingin makan, ada baiknya setelah salat Magrib, atau lebih baik lagi setelah salat Tarawih. Pastikan memilih konsumsi makanan yang menyehatkan saat berbuka, terutama jika kamu sedang melakukan diet.

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img