25 C
Makassar
Tuesday, May 28, 2024
HomeHealth5 Makanan Tradisional Indonesia yang Cocok untuk Diet

5 Makanan Tradisional Indonesia yang Cocok untuk Diet

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Saat diet untuk menurunkan berat badan, tentu kamu perlu mengubah pola makan. Caranya dengan memilih makanan yang lebih sehat, seperti sayur dan buah-buahan. Pasalnya, makanan seperti ini bebas lemak dan tinggi serat sehingga membuat kamu tidak mudah lapar.

Sayangnya, sebagian besar orang seringkali tertuju ke makanan diet yang ala kebarat-baratan saja. Padahal, Indonesia sendiri juga punya makanan tradisional yang cocok kamu konsumsi saat diet. Jenis makanan ini umumnya terdiri dari sayuran yang menyehatkan dan rendah kalori. Yuk, intip makanan tradisional yang cocok untuk diet berikut ini!

Makanan Tradisional Indonesia yang Cocok untuk Diet

Berikut beberapa ide makanan Indonesia yang bisa kamu konsumsi saat diet:

1. Gado-Gado

Siapa yang tak kenal dengan gado-gado? Makanan khas betawi ini terdiri dari sayuran hijau, tauge, kentang dan telur yang direbus.

Seluruh bahan tersebut ditambahkan dengan tahu goreng yang sudah dipotong-potong. Kemudian, semuanya disiram dengan bumbu kacang dan kerupuk.

Biasanya, makanan tradisional yang satu ini disajikan bersama lontong atau nasi. Namun, kalau kamu sedang diet, sebaiknya hindari tambahan karbo tersebut.

Sebab, dalam satu porsi gado-gado sendiri sudah ada sumber karbohidrat yang berasal dari kentang.

Nah, karena terdiri dari banyak sayuran, makanan ini tinggi serat sehingga bisa memperlancar pencernaan. Bukan itu saja, serat juga membantu kamu kenyang lebih lama sehingga tidak mudah lapar atau makan secara berlebihan.

2. Urap

Makanan khas Jawa ini juga terdiri dari berbagai sayuran rebus, seperti bayam, kangkung, tauge, kacang panjang dan daun singkong. Bedanya dengan gado-gado, urap dicampur bersama kelapa parut sangrai yang sudah dibumbui.

Umumnya, bumbu yang ditambahkan adalah gula jawa, kencur, terasi bakar, cabe merah, bawang merah dan bawang putih. Semua bahan tersebut dihaluskan dan dicampur ke dalam kelapa parut sangrai.

Nah, makanan ini juga sangat cocok kamu makan saat diet karena kandungan seratnya. Bukan itu saja, jumlah kalorinya pun terbilang rendah kalau dibandingkan dengan gado-gado.

Selain serat, sayuran tersebut juga kaya akan antioksidan sehingga bisa melawan radikal bebas pemicu penyakit kronis.

3. Karedok

Makanan tradisional yang satu ini mirip sekali dengan gado-gado karena menggunakan bumbu kacang. Bedanya, sayuran pada karedok tidak direbus dan langsung disantap mentah.

Makanan khas Sunda ini biasanya disajikan bersama oncom bakar. Karedok termasuk makanan rendah kalori. Dalam satu porsinya saja hanya mengandung 169 kalori sehingga cocok kamu konsumsi saat diet.

4. Pecel Sayur

Sebagian besar makanan khas Indonesia memang erat kaitannya dengan bumbu kacang, seperti pecel sayur. Bedanya dengan gado-gado, kacang untuk bumbu pecel tidak digoreng terlebih dahulu. Selain itu, bumbu yang digunakan pun berbeda.

Untuk gado-gado sendiri, bumbu kacangnya terdiri dari kacang goreng, bawang putih, cabai, merica, jeruk nipis, garam, dan gula merah yang dihaluskan. Sementara, bumbu pecel menggunakan kacang tanah yang tidak digoreng, kencur, gula merah, garam, cabai, dan daun jeruk.

5. Pepes Tahu

Kalau kamu bosan dengan sayur-sayuran, pepes tahu bisa menjadi solusinya. Makanan ini juga lezat dan tentunya rendah kalori. Menu yang satu ini dibuat dengan cara mengukus tahu yang sudah dibumbui dan dibungkus dengan daun pisang.

Tahu sendiri terbuat dari kacang kedelai yang mengandung isoflavon. Sejenis antioksidan tersebut digadang-gadang mampu mencegah kanker, menurunkan risiko diabetes, sampai menurunkan risiko penyakit jantung.

Jadi, selain membantu menurunkan berat badan, kamu juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan tersebut sekaligus.

Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer

spot_img