31 C
Makassar
Selasa, Februari 7, 2023
BerandaHealth5 Makanan yang Mampu Meredakan Batuk Pilek

5 Makanan yang Mampu Meredakan Batuk Pilek

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Di tengah cuaca yang sedang tidak menentu seperti sekarang ini, ditambah lagi dengan COVID-19 yang masih mengintai, batuk pilek menjadi masalah kesehatan yang umum terjadi. Saat mengalami kondisi tersebut, makan mungkin adalah hal terakhir yang kamu ingin lakukan.

Batuk pilek memang bisa menurunkan nafsu makan seseorang dan itu adalah hal yang wajar. Namun, mengonsumsi makanan bergizi yang tepat tetap diperlukan, untuk meningkatkan imunitas dan memberikan energi bagi tubuh, sehingga kamu bisa cepat pulih.

Lantas, makanan apa saja yang mampu meredakan batuk pilek?

Pilihan Makanan yang Baik untuk Batuk Pilek

Berikut beberapa pilihan makanan

bergizi yang baik untuk dikonsumsi saat sedang batuk pilek:

1. Sup ayam

Bukan tanpa alasan sup ayam menjadi makanan yang sangat baik untuk meredakan batuk pilek. Makanan sehat ini merupakan sumber vitamin, mineral, kalori dan protein, yang semuanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak untuk pulih dari sakit.

Sup ayam juga kaya akan cairan dan elektrolit yang bermanfaat untuk mencegah kamu mengalami dehidrasi. Selain itu, makanan yang hangat dan mudah dikonsumsi tersebut juga mampu meredakan hidung tersumbat, karena kuah yang panas bisa membantu mengeluarkan lendir dari saluran pernapasan.

Ditambah lagi sup ayam juga memiliki kandungan asam amino sistein yang mampu memecah lendir, sekaligus

memiliki efek antivirus, antiinflamasi, dan antioksidan.

2. Makanan pedas

Tidak ada yang lebih nikmat dari mengonsumsi makanan berkuah yang hangat dan pedas saat batuk pilek. Hal itu bisa membantu melegakan saluran pernapasanmu yang tersumbat, lho.

Banyak orang mengatakan bahwa makan makanan pedas bisa meredakan pilek mereka, karena makanan tersebut mampu mengencerkan lendir dan membersihkan saluran sinus.

Manfaat makanan pedas tersebut adalah berkat kandungan capsaicin dalam cabai yang dipercaya bisa mengencerkan lendir, dan membuatnya lebih mudah dikeluarkan. Semprotan capsaicin hidung juga sudah digunakan dan menunjukkan hasil yang baik untuk meredakan hidung tersumbat dan gatal-gatal.

3. Ikan salmon

Salmon adalah salah satu sumber protein terbaik untuk dikonsumsi saat kamu sedang sakit. Dagingnya yang lembut dan mudah dimakan, serta kaya akan protein berkualitas tinggi bisa mendukung pemulihan tubuh.

Salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 yang memiliki efek antiinflamasi yang kuat yang bisa membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih efektif. Itulah mengapa mengonsumsi ikan berlemak ini bisa membantu meredakan batuk dan pilek.

Selain itu, salmon juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, termasuk vitamin D, yang banyak orang sering tidak mendapatkannya dalam jumlah yang cukup. Vitamin D juga memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh.

4. Buah jeruk

Kaya akan vitamin C, buah jeruk juga merupakan salah satu pilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi saat sedang batuk pilek. Menurut ulasan yang dilakukan oleh National Center for Epidemiology and Population Health, di Australian National University, vitamin C sangat membantu dalam mencegah flu biasa yang sering disebabkan oleh lingkungan, seperti cuaca dingin. Nutrisi tersebut juga bisa membantu mengurangi keparahan pilek dan mempercepat pemulihannya.

5. Bawang putih

Bawang putih sudah dikenal akan khasiatnya yang banyak untuk kesehatan, sehingga sudah lama digunakan dalam pengobatan herbal. Dalam penelitian tabung reaksi dan

hewan, bumbu dapur tersebut terbukti memiliki efek antibakteri, antivirus, dan antijamur.

Sebuah studi pada 146 orang juga sudah menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi suplemen berbasis bawang putih, lebih jarang sakit daripada kelompok plasebo.

Jadi, cobalah untuk menambahkan bawang putih ke dalam makananmu untuk meredakan batuk pilek. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen bawang putih untuk mendapatkan manfaatnya.

Itulah beberapa pilihan makanan yang bisa membantu meredakan batuk pilek. Bila keluhan kesehatan tersebut tidak kunjung sembuh juga, dan disertai oleh gejala lain yang mengkhawatirkan, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer