26 C
Makassar
Selasa, Januari 25, 2022
BerandaHealth5 Mamfaat Kesehatan di Musim Dingin

5 Mamfaat Kesehatan di Musim Dingin

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Memasuki musim dingin seperti sekarang ini, kebanyakan orang mulai waspada soal tubuh yang mudah terserang oleh berbagai macam penyakit.

Salah satunya penyakit yang sering kita temui saat ketika suhu luar ruangan berada pada titik terendah. adalah demam atau flu,

Meski demikian, dilansir dari laman Elite Daily, ternyata selama musim dingin, juga memiki manfaat bagi kesehatan, apa sajakah itu ? Simak ulasannya berikut ini.

1. Sistem imun meningkat

Selama ini kita beranggapan bahwa begitu cuaca berubah sistem kekebalan tubuh pun berubah. Tak heran jika kita mengambil langkah untuk mencegah berbagai penyalit.

Tetapi, menurut Robert Glatter, asisten profesor kedokteran darurat di Rumah Sakit Lenox Hill, Northwell Health, Amerika Serikat, tubuh Anda sebenarnya dapat mengambil manfaat dari terkena kondisi cuaca dingin dalam beberapa cara.

“Sistem kekebalan Anda mendapat dorongan ekstra dengan timbulnya cuaca yang lebih dingin, yang mengarah pada kemampuan yang lebih baik untuk melawan infeksi,” jelasnya.

2. Tidur lebih baik saat malam hari

Ada alasan mengapa musim dingin adalah musim hibernasi. Secara alami, tubuh Anda dapat tidur lebih baik di cuaca yang lebih dingin, mengingat bagaimana, dalam suhu yang lebih hangat, ia harus mengeluarkan energi untuk mendinginkan dirinya sendiri agar tertidur. Tetapi dalam suhu yang lebih dingin, fisik dan mental Anda dapat lebih mudah rileks, karena tubuh Anda bekerja lebih efisien.

3. Olahraga bisa meningkatkan kinerja kardio

Robert Glatter menyarankan Anda tetap berolahraga ketika cuaca dingin. “Dengan asumsi Anda tidak memiliki faktor risiko penyakit jantung,” ujarnya, seraya melanjutkan “suhu dingin sebenarnya dapat membantu meningkatkan daya tahan dan cadangan kardiovaskular Anda, karena Anda harus mengeluarkan lebih banyak energi untuk tidak hanya mempertahankan suhu inti Anda, tetapi juga menjaga suhu tubuh Anda.”

BACA JUGA :  7 Manfaat Sinar Matahari

4. Mudah berkonsentrasi

Menurut penelitian tahun 2005 yang diterbitkan di University of Wisconsin-La Crosse Journal of Undergraduate Research, suhu kamar dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk berkonsentrasi. Sesuai temuan penelitian ini, suhu yang lebih dingin tampaknya berkorelasi dengan kinerja yang lebih baik, meskipun suhu yang lebih hangat jelas lebih disukai dalam hal kenyamanan.

5. Meringankan peradangan

Biasanya saat Anda terluka, untuk meredakan rasa sakitnya biasanya dengan mengkompres luka dengan sesuatu yang dingin seperti es batu. Nah ternyata, bersantai dalam kondisi cuaca dingin dapat meredakan peradangan dengan cara yang sama.

BACA JUGA

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6