25 C
Makassar
Wednesday, June 26, 2024
HomeHealth5 Manfaat Berenang bagi Kesehatan Fisik

5 Manfaat Berenang bagi Kesehatan Fisik

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Rutin berenang membantu menjaga dan meningkatkan stamina tubuh. Selain itu, berenang juga membuat metabolisme menjadi lebih baik sehingga tubuh akan membakar kalori lebih banyak.

Selain itu, ada sejumlah manfaat berenang lain yang sayang jika dilewatkan. Di antaranya adalah:

1. Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat dari berenang adalah membantu menurunkan berat badan. Jika dilakukan selama 1 jam, olahraga ini bisa membakar sekitar 500-650 kalori. Olahraga ini juga membantu mengecilkan perut, betis, serta mengurangi jaringan lemak di perut.

2. Jantung Lebih Sehat

Jantung yang terjaga kesehatannya bisa didapatkan dari rutin berolahraga. Berenang bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Olahraga ini membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga meningkatkan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen.

3. Meredam Stres

Membiarkan tubuh mengalami stres berkepanjangan bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara terbaik mengurangi dan meredamnya. Salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah berenang. Berenang memiliki manfaat untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kurang tidur juga memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Nah, rutin berenang ternyata bisa membantu memperbaiki kualitas tidur. Maka dari itu, olahraga air ini cukup direkomendasikan bagi orang yang memiliki riwayat insomnia.

5. Membangun Massa Otot

Olahraga renang melibatkan hampir semua bagian tubuh dan mengharuskan otot-otot untuk bergerak melawan tekanan di dalam air. Inilah alasan mengapa berenang membantu meningkatkan kelenturan dan meningkatkan massa otot tubuh.
Sumber: halodoc.com

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img