32 C
Makassar
Senin, Desember 5, 2022
BerandaHealth5 Tips agar Anak Nyaman Saat Cuaca Tak Menentu

5 Tips agar Anak Nyaman Saat Cuaca Tak Menentu

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Musim pancaroba memang berisiko membuat anak-anak sakit. Flu, pilek, hingga demam sering terjadi saat cuaca sedang tak menentu. Nah, anak-anak merupakan kelompok usia yang rentan mengalaminya.

Jika tidak ditangani dengan baik, gangguan kesehatan ini bisa membuat anak jadi tidak nyaman beristirahat, juga bisa mengganggu aktivitas anak bermain dan belajar.

Agar buah hati tetap nyaman dan fit, ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan, yaitu:

1. Berikan anak makanan bergizi

Pola makan sehat adalah salah satu kunci utama agar anak tetap fit saat cuaca tidak menentu. Jadi, pastikan menu makanan Si Kecil terdiri dari panganan yang sehat dan bergizi, misalnya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, serta susu dan produk olahannya.

BACA JUGA :  Puluhan Rumah Rusak di Desa Bontoala Gowa Akibat Diterjang Angin

Sejumlah nutrisi yang terkandung pada makanan-makanan tersebut diketahui mampu meningkatkan daya tahan tubuhnya, sehingga anak tidak gampang sakit.

2. Penuhi kebutuhan cairan

Selain memperhatikan asupan makanannya, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan Si Kecil ya, Bun. Pasalnya, anak yang sedang aktif-aktifnya sering lupa untuk minum. Nah, ini bisa membuatnya berisiko mengalami dehidrasi.

Ketika anak mengalami dehidrasi, organ tubuhnya tidak bisa berfungsi secara optimal, bahkan daya tahan tubuhnya juga bisa melemah. Akibatnya, anak akan lebih rentan terserang penyakit.

3. Pastikan anak tidur cukup

Bila Bunda tidak ingin Si Kecil mudah sakit saat cuaca tak menentu, pastikan tidurnya cukup. Tidur dalam waktu yang cukup dapat membantu mengaktifkan sel-sel imun tubuh. Dengan begitu, tubuhnya bisa lebih kuat melawan kuman penyebab penyakit.

BACA JUGA :  Puluhan Rumah Rusak di Desa Bontoala Gowa Akibat Diterjang Angin

4. Biarkan anak tetap beraktivitas fisik

Anak-anak memang suka berlari ke sana kemari dan melompat-lompat ya, Bun? Meski terlihat seperti permainan biasa saja, kegiatan ini juga bisa menjadi cara agar Si Kecil tetap beraktivitas fisik, lho.

Anak yang rutin melakukan aktivitas fisik diketahui memiliki paru-paru dan jantung yang lebih sehat, berat badan yang ideal, dan pola tidur yang lebih teratur.

Beragam manfaat ini secara tidak langsung akan membuatnya tetap nyaman beristirahat meski cuaca sedang tidak menentu dan sistem kekebalan tubuhnya bisa bekerja dengan baik.

5. Ajarkan anak rajin mencuci tangan

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir merupakan langkah penting untuk mencegah penyebaran kuman. Ajarkan Si Kecil untuk rutin mencuci tangan, terutama setelah dari toilet, sebelum makan, serta sebelum menyentuh area mata, hidung, dan mulut.

BACA JUGA :  Puluhan Rumah Rusak di Desa Bontoala Gowa Akibat Diterjang Angin

Selain menerapkan tips-tips di atas, jika Si Kecil mengalami flu atau pilek, Bunda bisa mengoleskan balsam di dada, leher, dan punggungnya, setelah mandi atau sebelum tidur. Balsam akan menghangatkan tubuh Si Kecil dan membantu meredakan gejala awal flu atau pilek, seperti hidung tersumbat.

Pilihlah balsam yang diformulasikan khusus untuk bayi atau anak-anak. Pastikan balsam mengandung bahan-bahan yang alami, seperti ekstrak chamomile dan eucalyptol. Bila Si Kecil berusia di atas 2 tahun, balsam yang mengandung sedikit mentol bisa menjadi pilihan.(Alodokter)

spot_img

Headline

Populer