25.2 C
Makassar
Selasa, November 30, 2021
BerandaMetropolisPemkot Bakal Keluarkan Surat Edaran Tata Cara Pelaksanaan Iduladha

Pemkot Bakal Keluarkan Surat Edaran Tata Cara Pelaksanaan Iduladha

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Masyarakat muslim di seluruh dunia tidak.lama lagai berbahagia. Sebab sebentar lagi mereka akan merayakan hari raya Iduladha.

Untuk tahun ini, secara resmi pemerintah telah nenetapkan hari raya Iduladha tahun 2020 akan jatuh pada hari Jumat (31/7/2020) mendatang.

Menyambut hal itu, pemerintah kota (Pemkot) Makassar mengeluarkan surat edaran terakit tata cara salat dan pemotongan hewan kurban, mengingat kondisi saat ini masih dalam jeadaan tidak normal di tengah pendemi Covid-19.

Penjabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, mengatakan masyarakat hanya boleh melakukan salat Iduladha di masji-masjid yang sudah menerapkan protokol kesehatan saja, dan tidak diizinkan melakukan salat di tempat terbuka.

“Diharapkan para jamaah yang hadir betul-betul merasa sehat. Para jamaah juga harus membawa sajadah masing-masing, dan menjamin seluruh peralatan salat steril dan aman dari kontaminasi covid. Dan seperti biasanya salat tetap jaga jarak,” katanya.

Selain salat, untuk pelaksanaan pemotongan hewan kurban juga harus tetap menjalankan protokol kesehatan. Hanya panitia saja yang diperbolehkan hadir. Sementara warga yang berhak menerima daging hanya boleh di rumah saja, kemudian petugas yang akan membawakan ke rumah masing-masing.

“Hewan kurban harus dalam kondisi sehat. Untuk menjamin semua ini, saya minta pak camat dan pak lurah untuk berkoordinasi lebih awal. Untuk menentukan masjid atau tempat pemotongan hewan mana yang bisa menjalankan prtokol kesehatan,” lanjut Rudy.

Rudy berharap masyarakat bisa mengerti dengan keadaan saat ini, sehingga perayaan Idul Adha terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini dilakukan sebagai upaya pengendalian Covid-19 di Kota Makassar yang mulai menurun. Berdasrkan data Tim Epidemiologi dan Gugus Makassar, reproduksi efektif (Rt) Corona memasuki angka 0,9.

BACA JUGA :  Iqbal Suhaeb Perkenalkan INDI 4.0 Pada Forum Nasional Direktur 2019

“Artinya penyebaran sudah mulai terhambat dari orang ke orang. Izinkan saya memohon kepada masyarakat, mari kita sambut hari raya ini dengan suka cita. Tapi tolong protokol kesehatan tetap dijaga. Kalau kita sudah tebiasa, pada waktunya nanti kita sudah bisa memasuki era new normal,” tutup Rudy.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.284,0
EUR
16.394,6
JPY
125,3
KRW
12,1
MYR
3.430,4
SGD
10.543,3