AJI Indonesia, Google News Lab dan Internews Bakal Gelar Penggunaan Tools di Internet

Google News Lab.(Int)

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – AJI Indonesia bekerjasama dengan Google News Lab dan Internews akan menyelenggarakan rangkaian Training untuk Jurnalis di berbagai daerah di Indonesia.

Fokus dari Training ini adalah mengasah keterampilan peserta untuk memanfaatkan sejumlah tools di internet guna melakukan verifikasi online atas beragam informasi yang tidak jelas kebenarannya yang banyak beredar di dunia maya (false news, fake news, hoax).

Para peserta akan belajar beberapa materi yang bersifat teknis mengenai kebersihan data digital (digital hygiene), analisa dasar atas informasi, pencarian dan penelusuran data, serta beragam tools yang bisa digunakan untuk melakukan investigasi secara online.

AJI Indonesia bersama dengan Internews yang berpengalaman melakukan pelatihan terhadap jurnalis di berbagai belahan dunia, merasa perlu Jurnalis-jurnalis di Indnesia diperkenalkan lebih dalam dengan berbagai alat yang dimiliki Google News Lab.

Melalui pelatihan ini peserta diharapkan dapat memanfaatkan berbagai jenis tools bermanfaat tersebut dalam kerja jurnalistiknya.