31 C
Makassar
Senin, September 26, 2022
BerandaEdukasiAliansi Mahasiswa Se- Unibos Tolak Komersialisasi Dilahan Pendidikan

Aliansi Mahasiswa Se- Unibos Tolak Komersialisasi Dilahan Pendidikan

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRESPRES.COM-Dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional (Hardiknas), Gabungan mahasiswa Universitas Bosowa, yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Se-Unibos, menuntut penghapusan bentuk komersialisasi yang terjadi di lahan pendidikan.

“lahirnya Undang Undang (UU) Perguruan Tinggi nomor 12 tahun 2012 yang menjadi dasar legal tata aturan penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, tapi juga memberikan celah bagi oknum dalam dunia pendidikan yang ingin meraup keuntungan,” kata Aldy R Thamrin selaku Jendral Lapangan Aksi, melalui pesan kata kepada Sulselekspres.com, Kamis (2/5/2019).

BACA: Demo Tuntut Rektor Unhas Turun, Mahasiswa Mengaku Dikejar Pakai Celurit

Kata Aldy yang juga merupakan kader HMI, dalam hal seperti ini [Bisnis dilahan pendidikan], masyarakat Indonesia adalah pihak yang paling dirugikan. Bagaiamana tidak, menurut Aldy, pemerintah yang seharusnya menjadi penjamin keberlangsungan pendidikan, namun hingga hari ini, masyarakat Indonesia masih ada yang belum merasakan pendidkan yang formal, karena adanya bentuk komersialisasi di lahan pendidikan.

“Sebagaimana yang terdapat pada pasal 31 UUD RI tahun 1945 atau perubahan IV Ayat 2, itu telah gagal menjalankan tugsnya,” pesan Aldy.

Di Unibos sendiri, menurut Aldi, selain terjadinya bentuk komersialisasi di lahan pendidikan. kata Aldy, tindakan berupa kesewenag wenangan juga diterapkan pihak Unibos ke Mahasiswa yang ada di Unibos.

“Ironisnya, ditengah meningkatnya biaya kuliah di Unibos, itu tidak diikuti dengan penambahan dan pengembangan sarana dan prasarana kampus,” terangnya.

“Disaat yang sama, mahasiswa dibungkam dan didepolitisasi melalai pemberlakuan jam malam, pelarangan melakukan aksi demonstrasi dan pengaturan tata ruang kampus sehingga menghamba aktivisme mahasiswa,” jelas Aldi.

Olehnya itu, Aldy bersama Aliansi Mahasiswa Se-Unibos, menolak berbagai tuntutan seperti; Cabut UUPT Nomor 12 Tahun 2012, Optimalkan Sarana dan Prasarana di kampus Unibos, dan Wujudkan demokratisasi kampus.

Penulis : Efrat Syafaat Siregar

spot_img

Headline