32 C
Makassar
Rabu, Februari 21, 2024
BerandaDaerahAndi Akmal Pasluddin Bekali Bimtek Kewirausahaan dan Akses Pembiayaan untuk Pelaku Utama...

Andi Akmal Pasluddin Bekali Bimtek Kewirausahaan dan Akses Pembiayaan untuk Pelaku Utama Sektor Perikanan di Bone

- Advertisement -
- Advertisement -

BONE, SULSELEKSPRES.COM – Anggota DPR RI, Andi Akmal Pasluddin menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis Kewirausahaan dan Akses Pembiayaan yang digelar oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan, Dirjen Pengelolaan Daya Saing dan Produk KP. Rabu, (22/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut turut hadir mewakili Dirjen Penguatan dan Daya Saing Kementerian KP, Abdul Rahman, serta perwakilan dari BRI dan instansi terkait.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bone, Baharuddin, menyampaikan terima kasih atas bantuan AAP yang telah memberikan kontribusi besar bagi masyarakat nelayan.

Fokus bantuan kali ini, kata dia adalah bagaimana pelaku usaha dapat optimal dalam memanfaatkan dana perbankan untuk pengembangan UMKM.

“Program hari ini menunjukkan bahwa KUR hampir habis di Bank, namun masih ada peluang untuk pengembangan UMKM,” katanya kepada sulselekspres.com.

Dia juga menyoroti pentingnya memposisikan produk UMKM agar mendapat perhatian pasar.

Sementara itu, Andi Akmal Pasluddin menekankan pentingnya mengembangkan daerah dengan meningkatkan aliran uang dan jumlah pengusaha. “Bone memiliki modal pertanian dan perikanan yang dapat ditingkatkan,” ujar Anggota Komisi IV DPR RI ini.

Legislator Fraksi PKS juga menyoroti peran pemerintah dalam membantu pengusaha mikro naik kelas, terutama dalam akses pembiayaan.

“Pemerintah harus memberikan pelayanan yang memudahkan, berbasis IT, dan satu pintu. Dana pembiayaan harus dapat diakses dengan lebih mudah, bahkan tanpa agunan,” ungkapnya.

Ia juga mencatat upaya Komisi IV DPR RI dalam memperjuangkan subsidi dana KUR untuk mendukung sektor perikanan.

Sementara itu, kehadiran pemilik Rumah Maka Food Fedia sebagai narasumber memberikan wawasan praktis dalam memanfaatkan peluang bisnis. Diharapkan, Bimtek ini dapat memberikan dampak positif bagi para pelaku usaha di Kabupaten Bone untuk terus maju dan berkembang.

BACA JUGA :  Andi Akmal Pasluddin Kopdar Bareng Pemuda dan Penyuluh Perikanan

Yusnadi

spot_img

Headline

Populer