30 C
Makassar
Sabtu, April 10, 2021
BerandaMetropolisAnggaran Pembangunan Stadion Mattoanging Bakal Direfocusing

Anggaran Pembangunan Stadion Mattoanging Bakal Direfocusing

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Stadion Andi Matalatta, Mattoanging, sepertinya bakal bernasib sama seperti stadion Barombong. Proses pembangunannya diprediksi bakal mangkrak.

Hal ini tidak terlepas dari rencana pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dibawah kendali Andi Sudirman Sulaiman, melakukan refocusing anggaran yang rencananya bakal digunakan untuk pemulihan ekonomi pasca-pandemi.

Rencana tersebut dibeberkan adik mantan Menteri Pertanian Republik Indonesia, Amran Sulaiman, itu kepada awak media, saat ditemui di gedung Gubernuran, Senin (1/3/2021).

Menurutnya, stadion Mattoanging merupakan salah satu megaproyek yang harus direfocusing. Sehingga, rencana pembangunan stadion bakal dievaluasi dalam waktu dekat.

“Kita nanti akan evaluasi kembali, karena kebetulan ada refocusing. Salah satu syarat refocusing kan harus mencancel beberapa program-program yah. Dengan mengalihkan 8 persen ke wilayah yang kita dimintakan ya,” jelasnya.

Padahal, proses pembangunan Stadion Mattoanging awalnya mendapat kucuran anggaran tambahan dari apbd dan sumber lain. Sehingga, total anggaran stadion di tahun 2021 ini mencapai 1,1 triliun rupiah.

Hal ini disampaikan oleh kepala dinas pemuda dan olahraga (Kadispora) Sulawesi Selatan, Andi Arwin Azis, kepada awak media belum lama ini.

“Saya merasa terpanggil untuk nenjelaskan yang sebenarnya. Kami sudah melakukan persiapan langkah-langkah. Kami pun sudah ada dokumen, bahkan kemarin sudah rampung semuanya.”

“Tahapan inilah yang harus kita lakukan, karena ini menggunakan anggaran daerah. Tidak serta merta harus membangun. Kita harus memenuhi kebutuhan dokumen-dokumen, sehingga proses ini butuh waktu. Kita berharap proses ini tetap berjalan,” jelasnya.

Untuk rincian anggarannya sendiri, Arwin mengatakan726 juta rupiah dialokasikan untuk Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dan 250 juta rupiah untuk Amdalalin.

Anggaran ini kemudian mendapat tambah dari dana insentif daerah (DID) untuk tahun 2021 sebesar 20 miliar rupiah.

Meski begitu, belum diketahui secara pasti dan secara rinci, di subsektor manakah anggaran refocusing stadion Mattoanging bakal digelontorkan.

- Advertisment -

Headline