25 C
Makassar
Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaHeadlineArti dan Makna Nama Yosafat Abimanyu Purnama, Anak dari Ahok-Puput

Arti dan Makna Nama Yosafat Abimanyu Purnama, Anak dari Ahok-Puput

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Penamaan Yosafat Abimanyu Purnama untuk bayi mungil pasangan Ahok dan Puput memiliki arti dan makna tersendiri.

Bayi berjenis kelamin laki-laki ini lahir pada Senin 6 Januari 2020. Ini merupakan anak pertama untuk pasangan Ahok-Puput, sekaligus anak ke-4 untuk seorang Ahok.

Nama Yosafat dikenal sebagai seorang pemimpin besar, seorang raja. Catatan Alkitab menulis kalau Yosafat berumur 35 tahun pada waktu ia menjadi raja dan 25 tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem.

Adapun Abimanyu berasal dari tokoh pewayangan Mahabharata. Abimanyu merupakan putra kesayangan Arjuna. Juga sebagai pewaris tahta.

Arti dan makna nama anak Ahok ini juga disampaikan mantan Wakil Ahok saat masih memimpin DKI, Djarot Saiful Hidayat.

“Yosafat itu mungkin nama baptisnya, Abimanyu itu diambil dari pewayangan. Dia merupakan anak dari Arjuna yang artinya pemberani. Selain itu memiliki hati yang tenang, punya welas asih dan integritas tinggi,” kata Djarot dikutip dari Okezone.

Adapun nama Purnama berasal dari nama belakang Ahok sendiri. Purnama adalah saat bulan dalam posisi memberikan sinarnya secara penuh.

Budayawan Sudjiwo Tedjo juga berkomentar khusus soal penamaan bayi Ahok-Puput ini.

Menurut dia, nama Abimanyu ada dalam cerita wayang. Dimana Abimanyu adalah anak kesayangan dari Arjuna.

BACA: Puput Lahiran, Ini Pesan Sudjiwo Tedjo untuk Ahok

Dia berpesan agar Ahok tidak mengikuti kesalahan Arjuna terhadap anaknya Abimanyu. Dimana sang anak dibayang-bayangi oleh ayahnya.

“Pesenku utk Ahok: Dengan menamai putramu Abimanyu, nama anak kesayangan Arjuna, jangan mengulangi kesalahan Arjuna. Arjuna membiarkan nama besarnya membayang2i Abimanyu. Abimanyu protes berada di bawah bayang2 ayahnya. Tanpa restu ayah majulah ia ke Bharatayuda di Kuru Setra,” kata Sudjiwo melalui media sosial Twitternya, (6/1/2019).

BACA JUGA :  Protes Dirut Baru TVRI, Ustaz Tengku Ungkit Kasus Ahok

(*)

spot_img

Headline