24 C
Makassar
Kamis, Januari 20, 2022
BerandaTopikAS Sebut China Tertutup Tangani Corona, WHO: Bukan Saatnya Mengeluarkan Tuduhan

AS Sebut China Tertutup Tangani Corona, WHO: Bukan Saatnya Mengeluarkan Tuduhan

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Amerika Serikat (AS) menuding China selama ini terkesan tertutup dalam mengatasi wabah virus corona.

Dilansir dari AFP, Direktur Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih Larry Kudlow mengungkapkan kekecewaannya ke publik.

“Kami sedikit kecewa karena kami tidak diundang dan kami sedikit kecewa dengan kurangnya transparansi dari China,” ucap Kudlow Jumat (14/2/2020).

Namun, tudingan AS ini justru dibantah oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kepala Program Kedaruratan Kesehatan WHO, Michael Ryan. Kata Ryan, China sejauh ini telah melakukan berbagai upaya kolaborasi dengan komunitas internasional.

“Dari sudut pandang kami [WHO], kami melihat pemerintah sudah bekerja sama dengan kami. Saya tidak melihat komentar Kudlow [Kepala Dewan Ekonomi AS, Larry Kudlow] bahwa China sulit mengatasi masalah ini,” jelas Ryan dilansir AFP.

“Kendati demikian, setiap orang berhak menyampaikan pendapat dan mengemukakan bukti atas pendapat mereka,” ujarnya menambahkan.

Ryan mengatakan tidak mau mengeluarkan tuduhan apapun, termasuk soal penilaian AS yang menyebut China terkesan menutup-nutupi perkembangan kasus virus corona.

“Bukan saatnya untuk mengeluarkan tuduhan. Saat ini semua orang harus fokus menangani dan menghentikan penyebaran virus corona,” ujarnya.

“Kami akan menunggu penyelidikan forensik terkait apa pun sampai kami berhasil menangani virus ini, kami berharap,” tambahnya.

BACA JUGA :  Pelaku Spontan Perkosa Siswa Difabel Wajo
BACA JUGA

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6