32 C
Makassar
Jumat, Mei 20, 2022
BerandaHealthBeberapa Manfaat Minuman Rempah untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat Minuman Rempah untuk Kesehatan

- Advertisement -

 

SULSELEKSPRES.COM – Minuman rempah yang segar seringkali mengandung tingkat antioksidan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan herbal lainnya yang diproses atau dikeringkan.

Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa manfaat dari rempah untuk kesehatan tubuh. Nah, berikut beberapa khasiat dari konsumsi minuman rempah bagi tubuh tergantung jenisnya:

1. Kayu Manis
Salah satu ramuan rempah untuk kesehatan yang dapat diolah menjadi minuman adalah kayu manis. Rempah ini mengandung senyawa yang disebut dengan cinnamaldehyde yang kaya akan kandungan antioksidan. Selain itu, rempah ini juga dapat menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Manfaat paling utama dari kayu manis adalah efeknya pada kadar gula darah. Kayu manis dapat menurunkan gula darah dengan beberapa mekanisme, termasuk dengan memperlambat pemecahan karbohidrat di saluran pencernaan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Pengidap diabetes sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi minuman rempah ini untuk menjaga kesehatan.

2. Kunyit
Kunyit juga kerap diolah menjadi minuman rempah yang baik untuk kesehatan. Tanaman ini mengandung curcumin, antioksidan yang sangat baik untuk melawan kerusakan oksidatif dan meningkatkan enzim antioksidan pada tubuh. Kandungan tersebut ampuh untuk mencegah penuaan dini dan banyak penyakit.

Sifat anti-inflamasi pada kunyit juga sangat baik untuk mengatasi peradangan pada tubuh. Faktanya, peradangan tingkat rendah dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko terhadap penyakit kronis. Maka dari itu, kunyit kerap dikategorikan sebagai tanaman yang dapat memberi manfaat kesehatan bagi tubuh.

3. Jahe
Jahe juga termasuk salah satu rempah yang dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. Tanaman ini kerap digunakan untuk mengatasi mual dan memiliki sifat anti-peradangan. Beberapa masalah mual yang dapat diatasi dengan mengonsumsi jahe adalah morning sickness, efek kemoterapi, dan mabuk laut.

Jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat serta ampuh untuk mengatasi rasa sakit. Pada suatu penelitian, disebutkan jika 2 gram ekstrak jahe per hari dapat menurunkan risiko terkena kanker usus besar. Cara kerjanya mirip seperti aspirin yang dapat menurunkan peradangan pada usus besar.
Sumber: halodoc.com

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3